Proyek Waduk Mangkrak, Gertak Desak Kejati DKI Jakarta Usut Korupsi Yusmada Faizal


AKTUALITAS.ID – Ketua Umum Gerakan Rakyat Tolak Aktor Koruptor (Gertak), Dimas Tri Nugroho mendesak Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta untuk mengusut tuntas dugaan kasus korupsi Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal, terkait proyek pembangunan waduk Cilangkap, Munjul, Kampung Dukuh 1 dan Waduk Mabes Hankam.

“Kami meminta Kejati turun tangan untuk mengusut dugaan korupsi proyek waduk mangkrak,”ungkapnya kepada Aktualitas.id, Jumat (3/3/2023).

Dimas menegaskan Proyek ini dimonopoli dua perusahaan yakni PT Arvirotech Konstruksi Indonesia yang mengerjakan Waduk Cilangkap dan Munjul dengan anggaran fantastis diperkirakan ratusan milyar. Sedangkan waduk Kampung Dukuh 1 dan Waduk Wanatirta Mabes Hankam dikerjakan PT Varas Ratubadis Prambanan senilai Rp 40 an miliar.

“Berdasarkan informasi yang kami dapatkan bahwa Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada Faizal telah diperiksa lembaga penegak hukum yang dinahkodai Reda Manthovani, Kami mendesak agar mengusut tuntas serta mengingatkan agar Kejati DKI Jakarta tidak “Masuk Angin” dalam kasus ini,”tegas Dimas.

Dimas mengatakan, yang menyita perhatian masyarakat adalah pundi pundi harta kekayaan Yusmada Faizal yang terbilang gendut. Berdasarkan laporannya ke KPK dalam LHKPN 2020 kekayaannya mencapai Rp 16 milyar.

Menurutnya, prestasinya yang tidak sebanding dengan kinerjanya membebaskan Jakarta dari banjir yang ditopang anggaran APBD trilyun rupiah tiap tahun untuk Dinas Sumber Daya Air.

“Dipastikan akan terus bertambah harta kekayaan milik Yusmada. Belum lagi kekayaan istrinya yang tidak terpublikasi,”pungkasnya.

Untuk diketahui, bahwa Yusmada Faizal adalah figur pejabat karir di Pemprov DKI Jakarta. Dia terbilang pejabat yang moncer dalam meniti karirnya. Dalam usia yang terbilang muda sudah berhasil menembus hingga Eselon II.

Sebagai Kepala Dinas Bina Marga di era kepemimpinan Ahok lalu melejit menjadi Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setdaprov, dan di era Anies Yusmada Faizal diangkat menjadi Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta. [Kiki Budi Hartawan]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>