Survei LSI Denny JA: Prabowo 33,9% Lolos Putaran Dua, Ganjar 31,9%, Anies 20,8%


Peneliti senior LSI Denny JA, Adji Alfaraby (kanan) memaparkan hasil temuan terbaru LSI Denny JA dengan tema "Capres Pertama yang Lolos Putaran Kedua dan 4 Isu Pilpres Lainnya". di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (19/5/2023). Hasil survei LSI mencatat Prabowo Subianto unggul dengan elektabilitas 33,9 persen, sedangkan Ganjar Pranowo berada di posisi kedua dengan angka 31,9 persen, Anies Baswedan sebesar 20,8 persen, dan tidak menjawab sebesar 13,4 persen. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali mengeluarkan survei terbaru mengenai elektabilitas calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dipastikan akan melewati ambang batas minimal untuk lolos pada putaran kedua pada Pilpres 2024.

Menurut Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby dalam konferensi pers yang digelar LSI pada Jumat, (19/5/2023). Hasil survei yang dilakukan dengan metode acak atau multistage random sampling yang dilaksanakan pada 3-14 Mei 2023, dilaksanakan di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Prabowo unggul dari capres yang diusung PDIP, PPP, PSI dan Hanura Ganjar Pranowo dan capres Partai NasDem, Demokrat dan PKS Anies Baswedan.

“Tiga nama capres yang telah memenuhi ambang batas minimal untuk lolos putaran kedua adalah capres Prabowo Subianto dengan angka 33,9 persen,” kata Adjie di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (19/5/2023).

Prabowo Subianto 33,9 tertinggi dalam simulasi tiga nama, unggul dan lolos putaran dua. Ganjar Pranowo 31,9 persen, dan Anies Baswedan 20,8 persen.

Dalam survei menunjukan bahwa Prabowo Subianto unggul karena mayoritas pemilih ingin sosok capres yang kepemimpinannya kuat atau strong leadership. Kemudian mampu menumbuhkan ekonomi saat pandemi.

Paling menarik adalah karena pemilih Ganjar Pranowo beralih memilih Prabowo Subianto. Karena Prabowo dianggap lebih nasionalis.

“Ada tren kenaikan Pak Ganjar, tapi di bulan Mei turun dan limpahan suara Pak Ganjar berdasarkan cross check berpindah ke Prabowo,” katanya.[Kiki Budi Hartawan/Rizky]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>