Al Haris Harapkan Pemilu 2024 Berjalan Lancar, Aman dan Kondusif


AKTUALITAS.ID – Gubernur Jambi Al Haris, mengatakan sangat mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024. Dan mengharapkan tahapan pemilu 2024 berjalan dengan lancar, aman dan kondusif di Provinsi Jambi.

“Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024, sesuai dengan tugas dan kewenangan yang dimiliki berdasarkan aturan regulasi/peraturan yang berlaku,” ungkapnya saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pencegahan Pelanggaran dan Sengketa Proses Pemilu Tahun 2024, Jumat (14/7/23).

Dirinya menjelaskan, pemilu adalah perwujudan pelaksanaan kedaulatan rakyat dan pelaksanaannya merupakan corak utama suatu negara Demokrasi yang menandakan adanya amanah yang lahir dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

“Perhelatan Demokrasi 5 tahunan ini harus kita jadikan sebagai ajang screening kepemimpinan bangsa untuk membawa negara kita kepada cita-cita yang diamanahkan oleh konstitusi dan pendahulu kita,”ujarnya.

Selain itu, Al Haris mengaku sangat mendukung pencegahan pelanggaran Pemilu seminimal mungkin. Dan jika terjadi pelanggaran, pihak terkait harus bisa merespon dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

“Hal sangat penting, untuk menunjukkan serta membuktikan bahwa pelanggaran dalam proses pelaksanaan Pemilu, disikapi, direspon dengan prosedur dan cara sebagaimana mestinya, yang juga berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada, serta menjaga kewibawaan negara,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Al Haris juga memberikan apresiasi kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia atas pelaksanaan rapat koordinasi nasional dan memilih Provinsi Jambi sebagai tempat dari upaya terintegrasi untuk meningkatkan kesiapan dalam pelaksanaan dan pengawasan Tahun 2024.

“Terima kasih kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia atas pelaksanaan rapat koordinasi nasional ini, yang telah memilih Provinsi Jambi sebagai tempatnya, kami dengan bangga dan senang hati menyambutnya sebagai bagian dari upaya terintegrasi untuk meningkatkan kesiapan dalam pelaksanaan dan pengawasan Tahun 2024. 2Kami berharap serta yakin bahwa Bawaslu RI akan memberikan masukan-masukan bagi daerah dalam persiapan penyelenggaraan dan demi kesuksesan Pemilu Tahun 2024,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu RI, Lolly Suhenty mengatakan, Bawaslu saat ini membangun paradigma memperkuat pencegahan dan memaksimalkan penindakan. Dengan memperkuat pencegahan dengan mengingatkan KPU dan peserta pemilu khusunya parpol terkait tentang batasan
dan larangan yang ada dalam regulasi.

“Bawaslu ke depan dituntut untuk kreatif dan inovatif melakukan kerja pencegahan guna mencegah terjadinya pelanggaran pemilu maupun sengketa proses. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, sebagai bentuk upaya bersama untuk mewujudkan pelaksanaan pemilu aman, lancar dan tertib,” ucap Lolly. [Muslami Effendi/Juniar].

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>