Pariwisata Indonesia Potensial, Pemerhati: Harus Berdampak ke Lapangan Kerja


AKTUALITAS.ID – Indonesia adalah negara yang menarik dari sisi pariwisata. Keindahan alam dan kulinernya menjadi alasan wisatawan dalam negeri dan mancangera untuk memanfaatkan liburan di Indonesia. Namun, pariwisata di Indonesia belum memberikan dampak yang begitu besar terharap lapangan kerja.

Pemerhati Pariwisata, Mahesa Bintang menyatakan, Pariwisata bukan hanya tentang destinasi yang indah, tetapi juga tentang pengalaman yang luar biasa. Ada peran penting yang dimainkan oleh tenaga kerja yang berkualitas. Namun, upaya untuk menghasilkan tenaga kerja berkualitas dalam industri pariwisata sering kali diabaikan.

“Pariwisata bukan hanya tentang memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan, tetapi juga tentang mengenalkan budaya, menyampaikan informasi historis, serta mengelola destinasi dengan baik” Ujar Mahesa Bintang.

Dia menyayangkan kurangnya perhatian pada pelatihan dan pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang siap kerja, serta mampu menghadapi tantangan kompleks di industri pariwisata.

“kolaborasi dengan sektor pendidikan informal seperti pelatihan komunitas dan program keterampilan juga penting”, ungkap Mahesa.

Mahesa juga menegaskan, dalam menghadapi masa depan yang cerah untuk pariwisata, kita tidak boleh mengabaikan peran penting yang dimainkan oleh kualitas sumber daya manusia. Kolaborasi antara sektor pendidikan dan industri pariwisata adalah fondasi yang kuat untuk menciptakan tenaga kerja yang berkualitas, meningkatkan ekonomi lokal, dan menghadirkan pengalaman wisata yang luar biasa bagi setiap wisatawan yang datang.

“Kolaborasi ini juga berpotensi menciptakan lapangan kerja baru dalam industri pendidikan dan pelatihan. Ini adalah langkah penting dalam mengurangi tingkat pengangguran dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat secara keseluruhan,” alumni Universitas Indonesia. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>