Wamendag RI pada Globoil India 2023


AKTUALITAS.ID – Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga memberikan sambutan pada perhelatan Globoil India 2023 di Mumbai, India, pada Jumat (29 Sep). Agenda ini menutup rangkaian kegiatan dalam Misi Bersama (Joint Mission) Dewan Negara-Negara Produsen Minyak Kelapa Sawit (Council of Palm Oil Producing Countries/ CPOPC) yang berlangsung di Mumbai, India, pada 27–29 September 2023.

Wamendag menyampaikan tentang peran penting minyak nabati, seperti minyak kelapa sawit, dalam memenuhi kebutuhan pangan global serta memenuhi permintaan energi dari sumber nabati. Kelapa sawit memegang peran strategis dalam perekonomian Indonesia dengan kontribusi mencapai 3,5% terhadap GDP nasional.

Selain itu, Wamendag kembali menekankan pentingnya kolaborasi dalam menghadapi kampanye hitam dan diskriminasi terhadap industri kelapa sawit, termasuk pemberlakuan European Union Deforestation-free Regulation (EUDR).

India memiliki kepentingan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya dan berencana untuk memulai produksi kelapa sawit di masa depan. Dengan demikian, India perlu berkolaborasi dengan negara-negara produsen kelapa sawit dalam melawan diskriminasi atas kelapa sawit demi menjamin kesejahteraan masyarakat serta melindungi kehidupan petani.

Globoil India merupakan konferensi dan pameran internasional di sektor edible oil dan agri-trade. Agenda tahun ini menandai perhelatan ke-26 dan diperkirakan dihadiri oleh lebih dari 1.500 pengunjung. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>