Wamendag pada Diskusi HUT ke-6 ASPEKSINDO


AKTUALITAS.ID – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi pembicara pada diskusi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) yang berlangsung di Gedung Nusantara V DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat (11 Agt).

Wamendag Jerry mengatakan bahwa sinergi pemerintah pusat, terutama dengan Badan Pangan Nasional dan pemerintah daerah merupakan kunci ketahanan pangan dan stabilitas harga barang kebutuhan pokok (bapok).

Upaya pengendalian harga bapok juga perlu dukungan dari pemerintah daerah. Pemerintah daerah dapat melakukan pemantauan harga dan pasokan di wilayahnya secara intensif. Hal itu juga merupakan upaya mitigasi atau peringatan awal dalam mengantisipasi terjadinya gejolak harga.

Lebih lanjut Wamendag mengatakan bahwa stabilitas harga tidak hanya berdampak kepada inflasi, tetapi juga terhadap keberlangsungan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Dengan terjaganya stabilitas harga, maka UMKM akan memperoleh kepastian harga, baik harga pembelian bahan baku maupun harga penjualan di tingkat konsumen.

UMKM memiliki peran penting dalam mendukung pemulihan perekonomian nasional. UMKM berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam menghadapi ancaman resesi global 2023. Dengan demikian, diperlukan adanya dorongan terhadap UMKM agar dapat terus berkembang dan menguasai pasar domestik maupun pasar internasional. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>