5 Tips Menghadapi Anak Yang Tidak Mau Makan, Jangan Dipaksa


Ilustrasi Anak susah makan (IST)

AKTUALITAS.ID – Hampir semua orang tua pasti pernah mengalami anak yang susah makan. Sebelum akhirnya stres dan marah-marah sendiri, orang tua perlu menyadari bahwa saat anak susah makan, penyebabnya bisa banyak. 

Seperti selera pribadi anak, kurang lapar, keengganan untuk mencoba sesuatu yang baru, dan penyakit yang kerap dialami anak-anak seperti sakit tenggorokan ataupun sakit perut. 

Namun, jika perilaku ini adalah hasil dari keengganan makan yang lebih serius, mungkin membutuhkan penanganan yang lebih intensif.

Walau demikian ada beberapa cara yang tepat menghadapu anak yang tidak mau makan. Dikutip dari beberapa sumber :

1. Tenang dan Sabar

Pertama-tama penting untuk tetap tenang dan sabar menghadapi anak yang melakukan GTM. Jangan menunjukan reaksi yang terlalu kuat atau memaksa anak untuk makan.

2. Memberikan porsi kecil

Dikutip dari Your Kids Table, berikan porsi kecil dan cobalah untuk tetap pada makanan yang tampaknya mereka sukai.

Atau jika belum tahu, coba cari tekstur yang disukai anak. Untuk memudahkan mereka untuk mau makan lagi.

3. Memberi mereka pilihan

Berikan anak pilihan yang terbatas untuk makanannya. Misalnya, tawarkan dua pilihan makanan yang sehat agar anak merasa memiliki kendali dalam memilih makanannya.

4. Jangan di paksa

Mengutip dari Motherly, jangan paksa anak yang GTM untuk makan. Coba posisi mereka, kita ganti.

Jika seseorang terus menyuruh kamu untuk makan satu gigitan lagi saat makan siang, padahal tidak mau makan, seberapa besar kemungkinan kamu akan melakukannya.

Coba biarkan mereka bertanggung jawab atas berapa banyak dan apakah. Jangan lupa untuk mempromosikan lingkungan yang lebih positif pada waktu makan.

Ini akan membantu mendorong pengaturan makanan sendiri yang lebih baik seiring bertambahnya usia.

5. Konsisten dan rutinitas

Tetap konsisten dalam jadwal makan dan rutinitas yang teratur. Anak cenderung merespon lebih baik terhadap rutinitas yang konsisten.

Menghadapi anak yang melakukan GTM memerlukan kesabaran, pemahaman, dan pendekatan yang lembut.

Setiap anak memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda, jadi penting untuk menemukan metode yang cocok untuk anak tertentu.

Mendukung anak dengan penuh pengertian dan penerimaan akan membantu mereka merasa lebih nyaman dan terbantu dalam mengatasi masalah makan mereka. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>