Smartphone Terlaris di Indonesia, Samsung Masih Teratas 


Ilustrasi Samsung masih teratas (IST)

AKTUALITAS.ID – Di era digital yang terus berkembang, teknologi seluler menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari.

Di Indonesia, pasar HP terus tumbuh pesat, dengan berbagai merk bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen.

Menurut laporan terbaru dari lembaga riset Counterpoint Research, Samsung berhasil mempertahankan posisi teratas sebagai produsen ponsel pintar terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 20% pada kuartal III 2023. 

Meskipun tetap mendominasi, pangsa pasar Samsung mengalami sedikit penurunan sebesar 1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, Oppo menduduki peringkat kedua dengan pangsa pasar sebesar 18%, mengalami penurunan 4 persen dari tahun sebelumnya. Di posisi ketiga, Xiaomi dengan pangsa pasar 18%, diikuti oleh vivo (16%), realme (10%), Infinix (10%), dan merek lainnya (8%).

Samsung meraih posisi teratas berkat penjualan yang kuat di segmen ponsel entry level (di bawah Rp 3 juta) dan segmen menengah dengan rentang harga Rp 3 juta hingga Rp 6 juta. Oppo, sementara itu, mengalami pertumbuhan pengiriman di segmen menengah seperti Reno8, Reno8 T, Reno10, dan A78.

Xiaomi, yang berada di peringkat ketiga, fokus memperkuat pasokan, distribusi, dan program penjualan melalui promosi harga atau diskon. Pertumbuhan realme didukung oleh segmen entry-level (di bawah Rp 3 juta), sementara Infinix populer berkat spesifikasinya yang dinilai kompetitif, memposisikan merek tersebut sebagai “merek untuk anak muda.”

Riset tersebut juga mencatat peningkatan volume pengiriman ponsel pintar pada kuartal ketiga tahun 2023 di Indonesia, dengan angka pengiriman Xiaomi meningkat sebesar 30%. Pengiriman Infinix dan realme juga meningkat masing-masing sebesar 17 dan 14%.

Namun, sejumlah vendor mengalami penurunan angka pengiriman, seperti vivo yang turun 13%, Oppo turun 12%, dan Samsung turun 1%. Meskipun demikian, secara keseluruhan, pasar ponsel pintar di Indonesia kembali menunjukkan kegairahan dengan peningkatan angka pengiriman sebesar 3% pada kuartal ketiga 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan daya beli masyarakat yang lebih tinggi juga menjadi faktor penting dalam pertumbuhan ini. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>