Mantan PM David Cameron Ditunjuk Jadi Menlu Inggris 


Mantan Perdana Menteri Inggris David Cameron (Reuters)

AKTUALITAS.ID – Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, telah merombak kabinetnya dan kantor perdana menteri mengumumkan pada Senin (13/11) bahwa PM Sunak telah menunjuk mantan Perdana Menteri David Cameron sebagai menteri luar negeri.

PM Sunak ditekan untuk memecat Menteri Dalam Negeri Suella Braverman yang menyebut protes pro-Palestina sebagai pawai kebencian. Braverman kemudian digantikan oleh James Cleverly yang menjabat sebagai menteri luar negeri dan posisi menlu diberikan kepada Cameron.

Cameron menjabat sebagai perdana menteri mulai tahun 2010. Pada tahun 2016, ia mengadakan referendum mengenai posisi Inggris di Uni Eropa dan berkampanye agar Inggris tetap bertahan. Mayoritas pemilih memutuskan negara tersebut harus keluar dari Uni Eropa dan Cameron mengundurkan diri.

Cameron mengatakan ia menyambut baik posisi baru tersebut. “Negara kita sedang menghadapi tantangan yang berat, termasuk perang di Ukraina dan krisis di Timur Tengah” ucap Cameron.

Sementara dalam unggahan di jejaring sosial X, Cameron menyatakan bahwa saat ini penting sekali bagi Inggris untuk mendukung sekutu, memperkuat kemitraan, dan memastikan suara Inggris didengar.

Perombakan kabinet pemerintah Inggris pada Senin terjadi beberapa bulan sebelum pemilihan umum Inggris berikutnya, yang akan digelar paling lambat Januari 2025. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>