Tolak Disahkan RUU IKN, PKS Tetap Anggap Jakarta Layak Sebagai Ibu Kota Negara


Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama jajaran elite partai. (Ist)

AKTUALITAS.ID – Presiden PKS Ahmad Syaikhu menuturkan, PKS sejak awal menolak pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Penolakan tersebut, dilandasi aspirasi akademisi dan mayoritas suara publik.

“PKS mengambil sikap untuk menolak disahkannya RUU IKN. PKS memandang bahwa Jakarta Tetap Layak Sebagai Ibu Kota Negara,” kata Syaikhu disela acara Program Kampanye Nasional Pemilu 2024 bertempat di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Minggu (26/11/2023).

Dalam acara tersebut, partai berlambang padi dan bulan sabit itu meluncurkan Program Kampanye Gagasan bertajuk Jakarta Tetap Ibu Kota Negara.

Ia menyebut pihaknya memang membawa gagasan menolak pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta sebagai kampanye nasional partai nomor urut 8 pada Pemilu 2024.

“Kalau Allah SWT menakdirkan PKS menang, kami akan menginisiasi bahwa ibu kota negara tetap di Jakarta,” kata eks Wakil Wali Kota Bekasi.

Syaikhu mengatakan kota yang dibangun di Kalimantan akan tetap dilanjutkan dan setelah selesai menjadi kawasan pusat pertumbuhan ekonomi.

“Sekarang sudah dibangun di Kalimantan tetap, di Ibu Kota Nusantara itu akan tetap kami menjadikan pusat pertumbuhan ekonomi. Tentu dengan konsep green economi karena memang di sana itu paru-paru Indonesia dan diakui sebagai paru-paru dunia,” pungkasnya. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>