KPU Tetapkan Debat Capres dan Cawapres Sebanyak 5 Kali di Jakarta


Ilustrasi. Gedung Komisi Pemilihan Umum RI (IST)

AKTUALITAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan bahwa debat calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) digelar sebanyak lima kali di Jakarta. 

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari mengatakan terdapat pembagian dari lima kali gelaran debat tersebut.

“Ada 3 kali debat capres, dan ada 2 kali debat cawapres. Pada dasarnya dalam pertemuan KPU dengan pasangan calon, 5 kali debat itu pasangan calon semuanya hadir,” kata Hasyim kepada wartawan, dikutip Jumat (1/12/2023).

Dia mengatakan, meski sudah dibagi, namun semua pasangan calon mesti ikut hadir dalam setiap gelaran debat. Tujuannya, untuk menunjukkan kekompakan ke publik.

“Mengapa kedua-duanya harus hadir, ini juga untuk menunjukkan kepada publik bahwa beliau-beliau berdua masing-masing pasangan capres dan cawapres. Sehingga kemudian supaya publik makin yakin lah teamwork antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat,” jelas dia.

Keputusan tersebut, kata Hasyim, telah disepakati saat menggelar Focus Grup Discussion (FGD) bersama beberapa lapisan masyarakat mulai akademisi, lembaga kementrian, NGO dan juga jurnalis, beberapa waktu lalu. “Ini salah satu kesepakatan yang kita capai dalam pertemuan kemarin,” pungkasnya (RAFI).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>