Resmi Jadi WNI, Justin Hubner Siap Membela Timnas Indonesia 


Justin Hubner, resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) dan segera bisa membela Timnas Indonesia. (Sumber: Tangkapan Layar YouTube PSSI TV)

AKTUALITAS.ID – Justin Hubner akhirnya resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan siap membela Timnas Indonesia di ajang internasional. 

Pesepak bola kelahiran Belanda berusia 20 tahun itu mengambil sumpah sebagai WNI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu (6/12/2023) WIB.

Pemain berusia 20 tahun itu tiba di Kantor Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sekitar pukul 9.50, WIB. Pemain yang kini membela Wolverhampton Wanderers ini datang dengan mengenakan jas hitam, dasi, kopiah, yang dilengkapi dengan kacamata hitam.

Kepala Kanwil DKI Jakarta Ibnu Choldun memimpin prosesi pengambilan sumpah Justin Hubner. Dalam tayangan streaming live yang disediakan Kemenkumham, Justin Hubner terlihat menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmat lalu diambil sumpah dan janjinya sebagai WNI,

“Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh. Melepaskan, seluruh kesetiaan setia kepada kekuasaan hati, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” papar pemain yang pernah membela timnas U-20 Belanda itu mengikuti arahan Ibnu Chuldun.

“Dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya, sebagai warga negara Indonesia, dengan tulus dan ikhlas,” ujar pemain yang juga pernah membela Belanda U-19 ini.

Pemain yang berkembang bersama Willem II dan Den Bosch ini pernah dua kali membela timnas Indonesia U-20.

Adapun Justin Hubner sendiri sejatinya memang sudah lama dikabarkan bakal menjalani proses naturalisasi demi menjadi warga Tanah Air.

Di usianya yang masih muda, Hubner juga diproyeksikan membela Timnas Indonesia U23 di Piala Asia U23 2024 yang sekaligus menjadi kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Hubner nantinya akan saling bahu-membahu dengan pemain keturunan lain seperti Sandy Walsh, Jordi Amat, Shayne Pattynama dan Elkan Baggott untuk mengawal lini belakang Garuda.

Justin Hubner sebenarnya sudah diajukan untuk menjadi WNI bersama dua pemain yakni Rafael Struick dan Ivar Jenner.

Namun saat itu, Hubner sempat mengurungkan niatnya dan PSSI akhirnya hanya memproses naturalisasi Struick dan Jenner.  (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>