Ini Amalan yang Pertama Kali Dihisab di Hari Kiamat


Ilustrasi. Kiamat. (IST)

AKTUALITAS.ID – Setiap amalan ada balasannya. Ketika kiamat tiba, setiap manusia akan dihitung amalnya sebagai penentu apakah di akhirat ia akan dibalas surga atau neraka.

Setelah peristiwa kiamat, semua makhluk akan dikumpulkan di Padang Mahsyar untuk dibangkitkan kembali. Kemudian manusia akan melewati fase Yaumul Hisab yakni proses penghitungan amal perbuatan selama hidup di dunia. 

Amalan pertama yang akan dihisab di akhirat menjadi salah satu pertanyaan besar bagi setiap orang Islam.

Sebab, amalan pertama yang akan dihisab akan menjadi perhitungan di dunia agar amalan tersebut diperbaiki sebaik mungkin.

Amalan pertama yang akan dihisab di akhirat diisyaratkan dalam sebuah hadits Nabi, sebagai berikut:

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قاَلَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ ، فَإنْ صَلُحَتْ ، فَقَدْ أفْلَحَ وأَنْجَحَ ، وَإنْ فَسَدَتْ ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ ، قَالَ الرَّبُ – عَزَّ وَجَلَّ – : اُنْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُونُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا )) رَوَاهُ التِّرمِذِيُّ ، وَقَالَ : (( حَدِيثٌ حَسَنٌ ))

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits tersebut hasan.) [HR. Tirmidzi, no. 413 dan An-Nasa’i, no. 466. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.]

Maka jelas disebut bahwa amalan yang paling pertama dihisab di akhirat adalah shalat. Amalan ini menjadi amalan perdana yang akan jadi pertimbangan amalan-amalan selainnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>