KIP Aceh Barat Gelar Simulasi Untuk Sukseskan Pemilu 2024


Foto Ilustrasi

AKTUALITAS.ID – Dalam upaya menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat menggelar simulasi yang dipusatkan di Desa Alue Tampak, Kecamatan Kaway XVI.

“Tujuan simulasi yang kita laksanakan ini sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kepada penyelenggara pemilu, dalam melaksanakan tugas nantinya,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KIP Aceh Barat Teuku Novian Nukman di Aceh Barat, Senin.

Ia mengatakan di antara tugas penyelenggara pemilu yakni tahapan pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi suara hingga penggunaan aplikasi sistem informasi rekapitulasi elektronik (Sirekap) secara baik dan benar.

Ada pun masyarakat yang mengikuti simulasi tersebut, merupakan masyarakat atau pemilih yang sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) di tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Alue Tampak, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat.

Dalam simulasi ini, KIP Aceh Barat juga turut menyertakan petugas KPPS dan sejumlah pihak yang akan terlibat dalam hari pemungutan suara nantinya.

Teuku Novian mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya kegiatan tersebut, semakin meningkatkan pemahaman penyelenggara Pemilu yang akan dilaksanakan pada Februari 2024.

“Kita harapkan dengan adanya simulasi ini, pemahaman penyelenggara menjadi lebih baik, karena ada praktek langsung di lapangan, sekaligus menerapkan ilmu yang diperoleh dalam bimbingan teknis sebelumnya,” kata Teuku Novian menambahkan.

Selain itu, dengan adanya kegiatan tersebut, penyelenggara pemilu mendapatkan gambaran yang akan ditemukan saat hari pemilihan nantinya, sekaligus melakukan pemetaan persoalan yang akan dihadapi, sekaligus mencari solusinya.

Teuku Novian mengatakan pelaksanaan simulasi pelaksanaan Pemilu 2024, tidak menutup kemungkinan juga akan dilaksanakan di kecamatan lainnya di Kabupaten Aceh Barat, karena saat ini ada permintaan dari panitia pemilihan kecamatan (PPK) agar dapat dilaksanakan kegiatan serupa. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>