Doa Untuk Mengatasi Masalah, Bantu Ringankan Beban Hidup


Ilustrasi. Berdoa (iStockphoto)

ALTUALITAS.ID – Setiap kesulitan dalam hidup, pasti ada jalan untuk meringankannya. Dan sebaik-baiknya cara untuk meringankan segala kesulitan yang ada, yakni dengan membaca doa kepada Sang Pencipta. 

Mengenai hidup, ada kala di mana seseorang di atas puncak kesuksesan dan nyaris tak mengalami kesulitan apapun. Namun, ada kala pula ia seperti dihempaskan dari atas langit ke bumi dengan adanya  berbagai kesulitan dan kemalangan.

Oleh sebab itu disarankan untuk membac doa agar diringankan beban hidup. Membaca dan mengamalkan doa agar diringankan beban hidup penting untuk membuat hati damai dan penuh optimisme.

Doa agar diringankan beban hidup tersebut salah satunya terkandung dalam surah Al-Baqarah ayat 286.

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Rabbanaa laa tu’aakhidznaa in nasiinaa au akhtha’naa. Rabbanaa wa laa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘alaa alladziina min qablina. Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaa qatalanaa bihi. Wa’fu’annaa, waghfirlanaa, warhamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa ‘alaa al-qaumi al-kaafiriin.

Artinya:

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat, sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami.” Wallahu A’lam . (RAFI/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>