Aktor Lee Sun Kyun Yang Membintangi Film ‘Parasite’ Diduga Bunuh Diri, Ini Profilnya 


Aktor Korea Selatan, Lee Sun Kyun. (Dok. IMDB)

AKTUALITAS.ID – Aktor Korea Selatan Lee Sun-kyun, yang dikenal luas karena perannya dalam film pemenang Oscar Parasite, ditemukan meninggal dunia, menurut keterangan pihak berwenang kepada BBC.

Lee Sun-kyun, 48 tahun, ditemukan tak sadarkan diri di dalam sebuah mobil di sebuah taman di pusat Seoul, Rabu (27/12).

Polisi dan pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian setelah menerima laporan temuan seorang pria berusia 40-an dalam keadaan tidak sadarkan diri. Polisi memastikan bahwa pria yang dimaksud adalah Seong-gyun Lee.

Belum jelas apakah Lee bunuh diri, namun polisi menerima laporan bahwa dia meninggalkan rumah setelah menulis sebuah surat, menurut kantor berita Yonhap.

Kabar kematian Lee Sun Kyun mengejutkan banyak pihak. Sebab, ia punya nama besar di industri hiburan Korea Selatan. Apalagi, film Parasite yang dibintanginya memenangkan penghargaan Piala Oscar yang bergengsi. 

Lee Sun Kyun adalah aktor Korea Selatan kelahiran Seoul, 2 Maret 1975. Sejak masih di bangku sekolah, Lee Sun Kyun sudah tertarik dengan dunia hiburan, musik, dan olahraga. Menurut Asian Wiki, pemeran film My Mister ini adalah lulusan Korean National University of Arts.

Melansir dari berbagai sumber, Lee Sun Kyun memulai kariernya di teater musikal. Setelah berkarier di teater musikal, aktor yang meninggal di usia 48 tahun ini memulai perjalanannya di layar kaca dengan memainkan peran kecil dan pendukung.

Pada 2005, Lee Sun Kyun bekerja sama dengan TV Director, Lee Yoon-jung, untuk memerankan drama Taereung National Village sebagai Lee Dong-Kyun. Sejak saat itu, ia mulai dipercaya untuk berperan di drama Korea lainnya, seperti Coffee Prince (2007), Pasta (2010), dan Golden Time (2012).

Kesuksesan karier Lee Sun Kyun mulai terlihat pada 2010, yakni saat meraih penghargaan kategori Aktor Terbaik dari Las Palmas de Gran Canaria International Film Festival untuk perannya dalam Paju (2009).

Tidak hanya itu, nama Lee Sun Kyun juga semakin meroket setelah perannya di film Helpless (2012), All About My Wife (2012), dan A Hard Day (2014) mendapatkan banyak pujian.

Lee Sun Kyun semakin menjadi sorotan setelah ia sukses memerankan Park Dong-ik di film Parasite (2019) dan meraih penghargaan kategori “Performa Motion Picture Terbaik” dari Screen Actors Guild Awards 2020.

Pada Oktober 2023 lalu, Lee Sun Kyun kembali menjadi sorotan publik. Namun, bukan berkat penampilannya di film, tetapi kasus penyalahgunaan narkoba.

Lee Sun Kyun menjadi salah satu dari delapan orang yang diselidiki oleh Badan Kepolisian Metropolitan Incheon atas tuduhan penggunaan obat-obat terlarang. Akibat proses investigasi tersebut, Lee Sun Kyun mundur dari drama yang harusnya dibintangi.

Pada November, aktor 48 tahun tersebut mengakui bahwa ia mengonsumsi narkoba. Namun, Lee Sun Kyun menekankan bahwa dia mengonsumsi narkoba “tanpa sadar” karena dijebak oleh seorang host perempuan di sebuah tempat hiburan. Namun, perempuan yang dimaksud mengklaim bahwa aktor tersebut mengetahui apa yang dikonsumsinya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>