Gregoria Tunjung Masuk Daftar Atlet dengan Terobosan Penting Tahun 2023 Versi BWF


Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung . (Dok. PBSI)

AKTUALITAS.ID – JAKARTA – Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung masuk dalam senarai Atlet dengan Terobosan Penting Tahun 2023 versi Federasi Bulu Tangkis Internasional (BWF).

Juara Dunia Junior 2017 tersebut adalah satu-satunya atlet Indonesia di dalam daftar itu. Ia bersama tujuh tunggal/pasangan lain yang dihargai kategori ini.

Predikat atlet dengan terobosan penting ini diberikan oleh induk bulu tangkis dunia tersebut berkat keberhasilan Gregoria menjuarai Jepang Kumamoto Masters 2023, ajang berlevel Super 500 BWF.

“Kemenangan menakjubkan Gregoria Mariska Tunjung atas juara Olimpiade, Chen Yufei, di final Kumamoto Masters Jepang 2023 membuat sejarah karena ia menjadi pemain tunggal putri Indonesia pertama yang memenangi gelar Super 500 atau di atasnya (setara dengan Superseries) sejak Superseries diluncurkan pada tahun 2007,” tulis BWF.

Pada laga perebutan gelar juara, Gregoria tampil meyakinkan dan mengalahkan Yufei dengan skor telak 21-12 dan 21-12.

Sebelumnya pada perjalanan menuju final, Gregoria mencatatkan kemenangan atas Nozomi Okuhara, Kim Ga Eun, Yeo Jia Min, dan Beiwen Zhang.

Pada 2023 Gregoria tidak hanya menjadi juara Japan Masters, tetapi juga meraih gelar di ajang Spain Masters yang berlangsung pada Maret hingga April. Tak kalah mengesankan, Gregoria menjungkalkan pemain top seperti Carolina Marin di babak semifinal dan Shindu Pusarla Venkatta pada laga final.

Selain dua gelar tersebut, Gregoria juga tampil pada final Malaysia Masters 2023. Gregoria kalah di final dari Akane Yamaguchi.

Performa Gregoria mengalami perkembangan cukup pesat dalam dua tahun belakangan yang ditandai dengan kemampuan pemain jebolan PB Mutiara Cardinal itu menembus babak perempat final hingga menjadi juara.

Sementara selain Gregoria, pemain lain yang diangggap memiliki terobosan penting pada 2023 adalah Kunlavut Vitidsarn, Lin Chun Yi, Li Shi Feng, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Kodai Naraoka, HS Prannoy, dan Liu Sheng Shu/Tan Ning. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>