KPU Situbondo Mulai Mengemas Surat Suara Pemilu 2024


Ilustrasi. Surat suara paslon capres-cawapres 2024 (dok. KPU)

AKTUALITAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, secara bertahap mulai melakukan pengemasan surat suara seiring sudah rampungnya penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu Serentak 2024.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto mengatakan tahapan pelaksanaan penyortiran dan pelipatan surat suara yang melibatkan ibu-ibu rumah tangga serta penyandang disabilitas itu sudah selesai pada Minggu (21/1).

“Jadi, setelah penyortiran dan pelipatan surat suara selesai, mulai hari ini mulai melaksanakan pengemasan atau packing dan dimasukkan ke dalam kotak surat suara, kemudian akan dipasang label sesuai dengan jenis surat suara,” ujar Marwoto di Situbondo, Jawa Timur, Senin (22/1/2024).

Sebelum memasukkan surat suara pemilihan presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota ke dalam kotak suara, lanjut Marwoto, terlebih dahulu petugas akan merakit kotak surat suara dan selanjutnya ditempelkan label biru, kuning, dan seterusnya sesuai dengan jenis surat suara.

Marwoto menyebutkan, masing-masing jumlah surat suara sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap atau DPT sebanyak 514.814 pemilih ditambah surat suara cadangan yakni sebanyak 2 persen dari jumlah pemilih di setiap tempat pemungutan suara atau TPS, atau 526.082 lembar surat suara.

“Kami melaksanakan pengemasan mulai kemarin, sampai dengan 5 Februari 2024, karena sesuai jadwal logistik akan didistribusikan ke kecamatan-kecamatan pada 7 Februari mendatang,” jelasnya.

Hingga saat ini, menurutnya, logistik Pemilu Serentak 2024 yang belum diterima KPU Situbondo yaitu kode batang atau barcode kotak surat suara, dan diperkirakan datang pada 25 Januari 2024.

“Kode batang ini fungsinya untuk membedakan kotak surat suara masing-masing kecamatan. Jadi, nanti setiap kecamatan ada kode batangnya, misalkan kami ingin melakukan pengecekan logistik kecamatan mana, maka hanya tim kami yang bisa melakukannya,” pungkasnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>