Sultan HB X Ajak Warga DIY Gunakan Hak Pilihnya, Jangan Golput


Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X . Ist)

AKTUALITAS.ID – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajak seluruh warga DIY untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 dengan datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Sri Sultan pun menegaskan agar masyarakat tidak golput, demi masa depan bangsa dan negara Indonesia.

Dengan dilaksanakannya Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024), Sri Sultan mengharapkan budaya demokrasi dapat tumbuh subur dan menjadi bagian dari keseharian warga DIY.

“Pemilu seperti ini bukan sekadar aspek kedaulatan rakyat dan peristiwa politik. Kami sebagai warga negara mengikuti pemilu juga berarti melakukan perilaku budaya. Karena ini peristiwa budaya, harapan saya demokrasi juga bisa jadi budaya masyarakat DIY. Saya maunya demokrasi itu jadi kebiasaan masyarakat,” kata Sri Sultan.

Sri Sultan menuturkan, budaya berpolitik maupun budaya demokrasi merupakan hak asasi manusia, setiap pilihan bersifat bebas dan rahasia.

Kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, Sri Sultan pun berharap dapat melaksanakan tugas sebagai penyelenggara Pemilu 2024 dengan sukses dan amanah.

“Semoga sukses untuk semuanya. Saya harap bisa berhati-hati dalam menjaga hak warga yang memilih,” imbuh Sri Sultan.

“Kepada warga DIY, saya ingatkan tanggal 14 Februari, besok pagi untuk tetap bisa melaksanakan kewajibannya, yaitu datang ke TPS. Gunakan hak pilih saudara, jangan golput. Tentukan pilihan sesuai dengan keyakinan saudara masing-masing. Selamat melaksanakan pemilu, tentukan pilihan untuk lima tahun ke depan bangsa dan negara Republik Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU DIY, Sri Surani mengatakan, KPU DIY menargetkan tingkat partisipasi masyarakat DIY sebesar 85%. Ia juga berharap, agar pelaksanaan pemilu tahun ini bisa berjalan dengan lancar aman dan seluruh pemilih di DIY terlayani dengan baik.

“Semoga target yang diharapkan dapat tercapai, seluruh pelaksanaan berjalan dengan lancar, dan kami serta teman-teman yang bertugas mampu melaksanakan tugas itu dengan baik,” imbuhnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>