KPU: Seluruh Data Sirekap Pemilu 2024 Tersimpan Aman 


Ilustrasi. Gedung KPU . (Ist)

AKTUALITAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan bahwa seluruh data Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) pemilu 2024 tersimpan secara aman.

Hal ini, disampaikan Anggota KPU RI, Betty Epsilon Idroos menanggapi banyaknya laporan Sirekap yang sering mengalami gangguan di Media Center KPU RI, Jakarta Pusat.

“Seluruh data Sirekap diproses dan disimpan dalam pusat data yang berada di Indonesia, sesuai dengan regulasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Betty, Senin (19/2/2024).

Ia menuturkan bahwa gangguan terhadap sistem Sirekap yang terjadi mulai tanggal 14 Februari 2024 yang angkanya meninggi salah satunya disebabkan oleh gangguan DDoS, Distributed Denial of Service.

“KPU bersama tim gugus tugas cyber terus melakukan upaya-upaya penanganan terhadap gangguan tersebut bahkan sampai hari ini,” tegasnya.

Betty menegaskan bahwa pihaknya bersyukur tidak ada isu atau kabar keterlambatan pihaknya untuk mengakses Sirekap sekaligus untuk set C1 pleno dalam bentuk image.

Sebelumnya, Ketua Cyberity Arif Bangaip Kurniawan mengaku telah menemukan kekacauan yang terjadi pada keamanan siber pemilu 2024.

Menurutnya, kejanggalan-kejanggalan pada sistem IT KPU sudah terjadi sejak lama. Masalah ini terkesan dibiarkan begitu lama hingga menimbulkan kegaduhan di masyarakat sekarang.

“Hingga saat ini KPU belum menunjukkan niat untuk memperlihatkan kepada publik audit keamanan IT-nya,” kata Arif dalam keterangannya, Jakarta, Minggu (18/2/2024). (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>