Mendagri Harap Jakarta Jadi Pusat Perekonomian Dunia, Sejajar dengan New York atau Melbourne 


Suasana Ibukota Jakarta. (Internationalsociety)

AKTUALITAS.ID – Dalam sebuah langkah ambisius untuk mengubah wajah Jakarta, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan harapan besar agar ibu kota Indonesia dapat bertransformasi menjadi salah satu pusat perekonomian dunia, sejajar dengan kota-kota global ternama seperti New York, Sydney, dan Melbourne. 

Hal ini diungkapkan dalam Rapat Kerja Badan Legislasi DPR RI bersama Pemerintah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Menurut Menteri Tito, inisiatif ini membutuhkan sinergi kuat antara DPR, DPD, dan pemerintah untuk merealisasikan Jakarta sebagai kota kelas dunia dengan daya saing yang tinggi, tidak hanya di tingkat regional Asia Tenggara, tapi juga global. 

“Kita ingin juga agar Kota Jakarta menjadi salah satu pusat utama di bidang perekonomian, jasa, perbankan, dan lain-lain. Intinya adalah kira-kira sama seperti New York-nya Amerika atau Sydney, Melbourne-nya Australia,” ujar Tito.

Dalam upaya mencapai visi tersebut, pemerintah telah menyetujui pembahasan lebih lanjut atas Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ), yang merupakan implikasi langsung dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (UU IKN). 

“Kami atas nama pemerintah menyetujui dilakukan pembahasan lebih lanjut secara bersama-sama atas usulan atau inisiatif RUU tentang Daerah Khusus Jakarta dengan tetap memperhatikan keselarasan, keseluruhan, dengan peraturan perundang-undangan terkait,” lanjut Tito.

Komitmen bersama dari semua pihak diharapkan akan mewujudkan mimpi besar ini menjadi kenyataan, dimana Jakarta tidak hanya menjadi jantung ekonomi Indonesia, tetapi juga sebagai simbol kemajuan dan kekuatan ekonomi di kancah internasional. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>