Eksperimen Luar Angkasa China Hasilkan Pengetahuan Baru dalam Uji Paparan Material


Tangkapan layar yang diambil di Pusat Kontrol Dirgantara Beijing pada 2 Maret 2024 menunjukkan taikonaut Shenzhou-17 Jiang Xinlin melakukan aktivitas ekstravehicular yang dibantu oleh lengan robot stasiun luar angkasa. (Xinhua)

AKTUALITAS.ID – Pada Jumat (15/3), Pusat Ilmu Pengetahuan Antariksa Nasional China mengumumkan keberhasilan dalam menyelesaikan uji paparan material di luar wahana antariksa (extravehicular) di stasiun luar angkasa miliknya. Ini merupakan langkah besar dalam eksplorasi antariksa yang dilakukan oleh China.

Proses pemindahan peralatan eksperimental dan batch pertama sampel material dari bagian luar stasiun ke modul airlock stasiun dilakukan dengan sukses pada Kamis (14/3), dengan kolaborasi antara taikonaut yang mengorbit, para ilmuwan di Bumi, dan bantuan dari lengan robotik yang tersedia.

Lebih dari 400 sampel material yang terbagi menjadi material nonlogam dan logam telah berada di orbit selama satu tahun sejak diluncurkan pada 8 Maret 2023. Batch pertama ini akan dibawa pulang ke Bumi menggunakan wahana antariksa Shenzhou untuk penelitian lebih lanjut oleh para ilmuwan.

Kepala Pusat Ilmu Pengetahuan Antariksa Nasional mengatakan, “Pencapaian ini membawa kontribusi signifikan bagi pemahaman kita tentang efek lingkungan luar angkasa terhadap material-material yang digunakan dalam eksplorasi antariksa.”

Selain itu, rencana untuk memasang sampel baru pada peralatan eksperimental pada Mei 2024 dan melakukan uji paparan antariksa putaran baru menunjukkan komitmen China dalam terus mengembangkan pengetahuan dan teknologi antariksa.

Langkah-langkah ini tidak hanya mengukuhkan posisi China dalam eksplorasi luar angkasa, tetapi juga memberikan kontribusi berharga bagi pengembangan ilmu pengetahuan global dalam memahami tantangan lingkungan luar angkasa. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>