8 Tips Persiapan Mudik Lebaran 2024 dengan Kendaraan Pribadi


Ilustrasi. Mudik lebaran dengan kendaraan pribadi. (Shutterstock)

AKTUALITAS.ID – Perayaan lebaran menjadi sebuah momen ditunggu-tunggu umat muslim setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan.

Tentunya banyak masyarakat yang mempersiapkan keperluan untuk mudik. Mudik merupakan salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat di tengah libur panjang Lebaran 2024 untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga.

Mudik dengan kendaraan pribadi menjadi pilihan yang paling efektif untuk melakukan perjalanan menuju kampung halaman.

Untuk melakukan perjalanan mudik yang lancar dan mengurangi risiko berbahaya saat berkendara, Anda harus memperhatikan tips berikut ini.

1. Perhatikan kendaraan

Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi terbaik. Cek mesin dan ban kendaraan sebelum perjalanan mudik. Apabila dirasa ada yang perlu diperbaiki maka segera lakukan perbaikan untuk melancarkan perjalanan mudik.

2. Periksa kembali barang dan bawaan

Sebelum berangkat mudik, pastikan Anda sudah mempersiapkan semua perlengkapan dan keperluan yang harus dibawa saat mudik ke kampung halaman. Tidak lupa juga membawa makanan, minuman, dan obat-obatan untuk berjaga selama perjalanan berlangsung.

Jika membawa anak-anak pastikan untuk membawa mainan atau sesuatu yang dapat menghiburnya sepanjang perjalanan mudik.

3. Pastikan kondisi tubuh sehat

Bagi yang berkendara, jangan memaksakan diri untuk berkendara jika kondisi tubuh Anda tidak baik dan mengantuk. Lebih baik menunda perjalanan atau beristirahat sejenak untuk memulihkan stamina tubuh.

4. Memastikan rute perjalanan

Sebelum berangkat pahami rute perjalanan dengan baik. Periksa rute alternatif yang Anda ketahui untuk menghindari rawannya kemacetan atau gangguan lainnya di jalan. Jangan lupa manfaatkan aplikasi peta untuk membantu dalam menavigasi rute perjalanan.

5. Rencanakan pemberhentian untuk istirahat

Salah satu tips penting yaitu melakukan pemberhentian, karena saat perjalanan jauh, Anda membutuhkan istirahat untuk meregangkan tubuh agar tidak tegang dan kaku.

Rencanakan perhentian dengan baik, seperti pada waktu makan atau ketika merasa lelah dan harus beristirahat.

6. Hiburan

Perjalanan panjang dan jika terkena macet tentunya akan membuat Anda sedikit merasa jenuh. Maka dibutuhkan sedikit hiburan, seperti mendengarkan musik dari radio, berbincang dengan keluarga, dan juga memakan camilan.

7. Periksa bahan bakar secara berkala

Mudik ke kampung halaman tentunya membutuhkan bahan bakar yang cukup, Anda harus memastikan mengecek bahan bakar sepanjang perjalanan untuk menghindari kehabisan bahan bakar atau mogok.

8. Berkendara dengan hati-hati

Mengendarai kendaraan dengan hati-hati juga sangat penting untuk mencapai tujuan mudik dengan selamat. Jangan memacu kendaraan terlalu cepat dan hindari jalanan yang berlubang. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>