Prabowo dan Menhan Jepang Bahas Kerja Sama Pertahanan dan Indo-Pasifik di Tokyo


Menhan Prabowo Subianto dan Menhan Jepang Minoru Kihara membahas beberapa isu saat keduanya bertemu di Tokyo, Jepang, Rabu, 3 April 2024. (Antara)

AKTUALITAS.ID – Dalam pertemuan yang berlangsung di Tokyo, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menhan Jepang Minoru Kihara membahas isu-isu krusial terkait kerja sama pertahanan dan stabilitas kawasan Indo-Pasifik. Keduanya sepakat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Jepang, salah satunya melalui program pertukaran kadet.

Prabowo mengungkapkan optimisme terhadap kemajuan kerja sama pertahanan kedua negara, mengingat keberhasilan program-program sebelumnya yang telah dilaksanakan. Dalam pernyataannya kepada Menhan Kihara, Prabowo menyampaikan harapannya untuk peningkatan jumlah kadet Indonesia yang dikirim ke Jepang di masa mendatang.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, kedua menteri juga mengulas isu-isu strategis di kawasan, terutama terkait kestabilan Indo-Pasifik. Menhan Kihara menekankan pentingnya menjaga Indo-Pasifik sebagai kawasan yang bebas dan terbuka, serta menentang segala keputusan atau perubahan sepihak yang dapat meningkatkan ketegangan, khususnya di Laut China Selatan.

Menhan Kihara juga mengapresiasi hubungan kemitraan strategis yang komprehensif antara Jepang dan Indonesia, sambil menekankan perlunya meningkatkan kerja sama lebih lanjut di masa depan. Dalam konteks politik, Kihara juga mengucapkan selamat kepada Prabowo yang baru saja ditetapkan sebagai presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pertemuan antara Prabowo dan Kihara, yang berlangsung selama 50 menit, merupakan bagian dari kunjungan resmi Prabowo ke Jepang. Kunjungan ini juga menunjukkan komitmen kedua negara untuk memperkuat hubungan bilateral, terutama di bidang pertahanan dan keamanan, demi menjaga stabilitas regional dan kepentingan bersama. (YAN KUSUMA/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>