Jelang Pilkada Serentak 2024: PKB Cari Figur Potensial dan Bersiap Berkoalisi


Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, akrab disapa Cak Imin berbincamg dengan calon kepala daerah Pilkada Banten, Airin Rachmi Diany pada pengenalan antara bakal calon kepala daerah zona DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat, di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

AKTUALITAS.ID – Dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November 2024, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tengah menggelar strategi penuh. Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, akrab disapa Cak Imin, mengungkapkan bahwa beberapa kader Partai Golkar telah mendaftar di PKB untuk berkompetisi dalam Pilkada.

“Dari Golkar, Airin Rachmi Diany untuk Pilkada Banten, dan Ahmed Zaki Iskandar untuk Pilkada Jakarta,” ujar Cak Imin, usai memberikan arahan pada kegiatan pengenalan antara bakal calon kepala daerah zona DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Meski demikian, Cak Imin menegaskan bahwa keikutsertaan kader Golkar di PKB tidak menjamin adanya koalisi di Pilkada nanti. “Tapi rata-rata mereka sudah pamit kepada para ketua umumnya,” tambahnya.

PKB tengah fokus mencari figur yang cocok untuk diusung dalam Pilkada serentak, dengan mempertimbangkan aspek kapabilitas, visi-misi, dan elektabilitas. 

“Kami masih punya waktu sekitar enam bulan, untuk mematangkan elektabilitas dari calon-calon yang disiapkan,” ungkap Cak Imin.

Di sisi lain, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta juga telah membuka pendaftaran bakal calon gubernur untuk Pilkada Jakarta 2024. Ketua DPW PKB Jakarta, Hasbiallah Ilyas, menegaskan kesiapan PKB untuk berkoalisi dan mengusung calon potensial.

“PKB Jakarta siap berkoalisi dan mengusung calon potensial untuk maju di Pilkada 2024,” kata Hasbiallah Ilyas.

Dalam persiapan tersebut, PKB Jakarta telah menyiapkan dua kader yang potensial untuk bertarung dalam Pilkada Jakarta, yaitu Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas dan Menteri Ketenagakerjaan sekaligus anggota DPR RI terpilih 2024-2029, Ida Fauziyah.

Dengan berbagai strategi yang disusun dan kesiapan yang diungkap, PKB menunjukkan komitmennya dalam meraih sukses dalam Pilkada serentak 2024. (YAN KUSUMA/RAFI)