Tabungan Orang Kaya Meningkat Signifikan, LPS: Indikator Perbaikan Ekonomi


Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa saat konferensi pers KSSK di Jakarta, Jumat (3/5/2024) (ANTARA)

AKTUALITAS ID – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat lonjakan yang signifikan dalam jumlah tabungan dengan nominal di atas Rp5 miliar, menunjukkan pertumbuhan sebesar 9,14 persen pada bulan April 2024. 

Peningkatan ini, menurut Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, melampaui pertumbuhan bulan Februari yang mencapai 6,10 persen.

“Pertumbuhan tabungan di atas Rp5 miliar mencapai 9,14 persen, menandai percepatan yang menggembirakan dibandingkan bulan sebelumnya,” ujar Purbaya dalam konferensi pers KSSK di Jakarta, Jumat.

Selain itu, LPS juga mencatat adanya peningkatan yang solid pada tabungan dengan nominal di bawah Rp100 juta, dengan pertumbuhan sebesar 7,3 persen. Hal ini menunjukkan indikasi pemerataan perbaikan ekonomi yang mulai dirasakan oleh masyarakat.

“Kami juga melihat pertumbuhan yang baik pada tabungan dengan nominal di bawah Rp100 juta. Pertumbuhan ini mencerminkan stabilitas ekonomi yang semakin kokoh dan memberikan optimisme ke depan,” tambah Purbaya.

Menurut Purbaya, tren ini mencerminkan pergeseran yang signifikan dari sebelumnya, di mana tabungan orang kaya dengan nominal di atas Rp5 miliar mengalami penurunan drastis dari 14-15 persen di akhir 2023 menjadi hanya 3,51 persen di awal 2024.

Peningkatan yang signifikan dalam tabungan, terutama di segmen orang kaya, memberikan sinyal positif terkait pemulihan ekonomi dan stabilitas keuangan di masa depan. 

Dengan demikian, harapan akan pertumbuhan ekonomi yang inklusif semakin memperkuat optimisme bagi masyarakat dan pelaku ekonomi. (YAN KUSUMA/RAFI)