Connect with us

Olahraga

Menpora Dito Apresiasi Suksesnya Peparnas XVII Solo, Siap Evaluasi

Published

on

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo saat memberikan keterangan kepada media seuai meninjau venue tenpin bowling di Bengawan Sport, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/10/2024). (Peparnas XVII 2024).

AKTUALITAS.ID — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan pujian atas keberhasilan penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII yang berlangsung di Solo. Dito menyatakan hingga saat ini belum ada keluhan yang diterima dari kontingen, peserta, maupun masyarakat umum terkait ajang olahraga untuk para atlet disabilitas tersebut.

“Alhamdulillah, sampai saat ini pelaksanaan Peparnas berjalan lancar tanpa keluhan. Namun, kami tetap akan melakukan evaluasi untuk memastikan setiap aspek dapat lebih baik di masa mendatang,” ujar Dito dalam keterangan resminya, Minggu (13/10/2024).

Dito juga menyoroti pengalaman Jawa Tengah sebagai tuan rumah ajang olahraga multicabang yang menjadi kunci sukses Peparnas tahun ini. Menurutnya, rekam jejak Jawa Tengah dalam menggelar berbagai multievent menjadi modal berharga untuk pelaksanaan Peparnas yang lebih baik.

“Jawa Tengah sudah berulang kali menjadi tuan rumah multievent besar, dan kali ini Peparnas XVII menunjukkan kualitas yang lebih baik. Kami juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan ini,” tambahnya.

Peparnas XVII diikuti oleh 35 provinsi dengan mempertandingkan 20 cabang olahraga. Kejuaraan ini berlangsung sejak 6 hingga 13 Oktober dan merupakan ajang empat tahunan untuk para atlet disabilitas.

Dito menjelaskan bahwa 20 cabang olahraga yang dipertandingkan memiliki kesesuaian dengan cabang-cabang di kejuaraan internasional, seperti ASEAN Para Games, Asian Para Games, hingga Paralimpiade. “Cabor-cabor ini sudah diakui oleh Internasional Paralympic Committee. Kami berharap korelasi yang kuat ini akan terus dipertahankan, sehingga ajang nasional seperti PON dan Peparnas bisa menjadi persiapan matang menuju Olimpiade,” jelas Dito.

Dengan suksesnya penyelenggaraan Peparnas XVII, Menpora berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas ajang olahraga nasional, demi menciptakan atlet-atlet berkualitas yang mampu bersaing di kancah internasional. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending