Sempat Salah Input, KPU Akui Anggota KPPS Kelelahan saat Entri Data Suara


Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) bersama dengan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) mengikuti debat capres 2019 di Jakarta, Sabtu (30/3). Debat itu mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawab.

AKTUALITAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengakui ada banyak kesalahan dari anggota KPPS saat melakukan entri data suara ke server KPU. Hal itu dikarenakan para petugas kelelahan lantaran kerja dalam kurun waktu 24 jam.

“Kalau salah input kan kita lakukan koreksi. Jadi yang perlu diingat oleh temen-temen itu begini, dimulai dari TPS, KPPS itu bekerja sebagaian dri mereka bahkan lebih dari 24 jam mulai jam 6 pagi kan mereka sudah persiapkan,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Menteng, Sabtu (20/4/2019).

“Jam 7 pagi kemudian mulai pemungutan perhitungan suara, itu bahkan ada yang selesainya berikutnya sampai dengan selesai setelah matahari terbit,” tambahnya.

Arief menyampaikan banyak anggota KPPS yang kelelahan hingga saat melakukan input data suara banyak kesalahan. Tak sedikit pula anggota KPPS yang meninggal dunia akibat kelelahan.

“Jadi tentu kita ada kelelahan. Kemudian PPK, PPK itu juga kemudian dipantau, ketua bawaslu kan mereka bekerja sampai jam 12 malam. Paginya masih lanjut lagi ini akan terus berlanjut sampai dengan paling lama 17 hari kedepan,” ujarnya.

“Dan kemudian kabupaten/kota , kpu kabupaten/kota itu sejak mulainya tahapan itu sudah bekerja over time, mungkin petugas entri ini yang kita memang minta kalau bisa dalam waktu 1x24jam selesai. Jadi kalau ada kesalahan ya sama-sama kita berikan infonya tapi tentu yang bisa melakukan akses untuk koreksi ya kita,” tandasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>