Berjuang Demi Negara, Ketua DPR Minta Jamkes untuk Petugas Pemilu


Ketua DPR Bambang Soesatyo. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Bambang Soesatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas meninggalnya para petugas KPPS dan aparat kepolisian saat mengamankan pemilu 2019.

“Saya menyamaikan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya kepada para korban serta keluarga yang ditinggalkan. Pengorbanan mereka dalam menegakkan demokrasi di Indonesia tidak akan sia-sia,” ujar Bamsoet di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Bambang juga meminta Pemerintah Daerah membantu memberikan pengobatan gratis kepada para Petugas KPPS, Polri, dan TNI yang sakit dan dirawat setelah selesai menjalankan tugas Pemilu.

“Bahkan sejak awal sudah seharusnya nyawa dan kesehatan mereka diasuransikan, sehingga kehadiran negara untuk memperhatikan para petugas KPU dan Polri yang gugur di medan juang Pemilu dirasakan oleh mereka dan keluarganya,” ucapnya.

Ia menambahkan, pemilu 2019 memberikan banyak evaluasi catatan untuk dijadikan pelajaran agar Pemilu selanjutnya bisa berjalan lebih baik lagi.

“Berbagai catatan penting tersebut akan menjadi bahan masukan dalam rapat kerja DPR RI dengan KPU, TNI, Polri, maupun pihak pemerintah lainnya. Kita ingin agar penyelenggaraan Pemilu ke depannya berjalan lebih baik lagi, karena itu perbaikan sistem mutlak harus dilakukan,” pungkasnya.

Sebanyak 54 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan 10 aparat kepolisian meninggal dunia saat mengawal hasil Pemilu Serentak 2019. Mereka meninggal akibat kelelahan atau kecelakaan lalu lintas.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>