Jokowi-Prabowo Sebut tak Ada Lagi Cebong-Kampret, yang Ada Merah Putih


Presiden Joko Widodo (kedua kanan) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) melambaikan tangannya saat tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Kedua kontestan dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 lalu ini bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus dan selanjutnya naik MRT bersama-sama. SETKAB

AKTUALITAS.ID – Kedua tokoh sentral dalam pilpres 2019 akhirnya bertemu. Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan capres 02, Prabowo Subianto, bersalaman dan berpelukan di Stasiun MRT Jakarta.

Momen ini sekaligus menandai mendinginnya suasana perpolitikan nasional yang sempat memanas sepanjang pesta demokrasi yang lalu. Kedua tokoh yang sama-sama mengenakan kemeja putih tersebut melakukan perjalanan dari Lebak Bulus menuju Senayan naik Ratangga bersama-sama.

Setibanya di Stasiun MRT Senayan, Jokowi dan Prabowo menemui wartawan dan masyarakat umum untuk menyampaikan pidato politik mereka. Keduanya pun sepakat menyampaikan bahwa tidak ada lagi istilah cebong dan kampret, dua diksi yang selama ini seolah membelah pandangan politik masyarakat Indonesia. 

“Tidak ada lagi yang namanya cebong. Tidak ada lagi yang namanya kampret. Yang ada adalah Garuda. Garuda Pancasila,” ujar Jokowi.

Prabowo pun menimpali, “Jadi saya sangat setuju. Sudah tidak ada cebong-cebong, enggak ada kampret-kampret. Semuanya merah putih.”

Baik Jokowi dan Prabowo berharap masyarakat Indonesia kembali bersatu dan maju bersama dalam membangun bangsa, meninggalkan perselisihan yang sempat timbul dalam pesta demokrasi. Kedua tokoh tersebut meyakini, pertemuan mereka menjadi simbol bahwa tidak ada lagi perseteruan politik yang cenderung saling menjatuhkan dan memecah masyarakat.

“Saya kira kalau sudah melihat para pemimpinnya sudah bergandengan mestinya pendukung sudah selesai dan bergandengan semuanya,” kata Jokowi.

Usai menaiki MRT bersama-sama, Jokowi dan Prabowo berjalan bersama menuju pusat perbelanjaan Fx Sudirman di dekat Stadion Gelora Bung Karno. Keduanya menyempatkan diri berbincang dan bersantap siang di restoran Sate Khas Senayan di dalam mal.

Bersama kedua tokoh, terlihat hadir Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Budi Gunawan, Seskab Pramono Anung, Ketua TKN Erick Thohir, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>