Wapres JK : Bandara Labuan Bajo Berpontesi Dikelola Asing


Foto : (Fransiska Ninditya)

AKTUALITAS .ID – Bandara Komodo, Labuan Bajo, berpotensi dikelola oleh pihak asing. Terkait hal itu, Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengaku sudah ada tawaran-tawaran dari asing, tidak hanya untuk Bandara Komodo.

“Memang ada beberapa bandara yang ditawarkan,” kata JK di Kantor Wapres, Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa ( 8/10).

Menurut Wapres, tidak ada masalah jika asing bisa mengelola bandara Labuan Bajo. Sebab, kata dia, juga penting jika hal tersebut bisa membawa keuntungan bagi Bandara Komodo.

“Itu penting, kenapa? Karena, dia juga ingin bandara itu ramai, baru untung,” ucap JK.

Wapres mencontohkan, asing bisa ikut membantu mempromosikan wisata Labuan Bajo ke dunia internasional. Termasuk, jika daerah wisata juga dikelola oleh asing.

Ads Aktualitas

“Untuk ramai, dia harus mempromosikan daerah itu untuk wisata. Baru itu ramai, baru itu untung, jadi bagus kalau itu (asing ikut). Daerah wisata dikelola asing itu sebenarnya itu bisa menambah ramai bandara di daerah itu,” kata JK.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengemukakan, pemenang lelang operator Bandara Komodo, Labuan Bajo, diumumkan pekan ini. Dia mengakui, kemungkinan besar pemenang lelang itu adalah konsorsium atau perusahaan patungan swasta nasional dan swasta asing.

“Insya Allah, besar kemungkinan pemenangnya kolaborasi antara nasional dan asing,” kata Budi di Jakarta, Senin 7 Oktober 2019.

Ads Aktualitas