Awal Pembukaan, IHSG Berpotensi Menguat


Ilustrasi, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID- Indeks harga saham gabungan atau IHSG dibuka menghijau di level 6.129, pada pembukaan perdagangan Senin 14 Oktober 2019. Posisi itu menguat 23 poin atau 0,38 persen, dibanding penutupan perdagangan Jumat (11/10) di level 6.105.

Analis Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya mengatakan, IHSG saat ini terlihat berusaha keluar dari rentang konsolidasi wajar di tengah penantian untuk kenaikan lanjutan.

“Support level terlihat dapat terjaga dengan baik. Capital inflow hingga saat ini yang masih tercatat lebih besar dibanding outflow sepanjang tahun sebelumnya,” kata William dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/10).

Hal itu, menurut William, merupakan salah satu indikator, yang menunjukkan masih adanya minat investor terhadap pasar modal Indonesia. “Hari ini IHSG berpotensi menguat,” ujarnya.

Senada dengan William, analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji mengatakan, IHSG pada awal pekan ini diprediksi menguat, setelah kenaikan 1,36 persen di akhir pekan lalu pada level 6.105.

Nafan menjelaskan, secara teknikal MACD telah membentuk pola golden cross di area negatif. Sementara itu, stochastic dan RSI sudah bergerak ke atas meninggalkan area jenuh jual.

Di sisi lain, terlihat pola long white opening marubozu candle, yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG, sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat.

“Support pertama maupun kedua memiliki range pada 6.023 hingga 5.988. Sementara resistance pertama, maupun kedua memiliki range pada 6.138 hingga 6.169,” ujar Nafan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>