Jokowi: Tunggu Pengumuman Nasib Demokrat dan Gerindra


AKTUALITAS.ID – Teka-teki siapa saja yang akan duduk di kabinet periode kedua Presiden Joko Widodo atau Jokowi, hingga kini masih tersimpan rapat. Jokowi belum bersedia membocorkan siapa yang dipilihnya untuk periode 2019-2024.

Dikonfirmasi soal menterinya, Jokowi tetap bersikukuh agar publik menunggu saatnya nanti. Mengingat pada Minggu lusa, 20 Oktober 2019, pemerintahan baru sudah dilantik.

“Mbok ya sabar, paling sehari-dua hari, paling lama tiga hari. Nanti kan juga tahu,” kata Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10).

Namun kepastiannya kapan, ia tidak memberi tahu. Walau sebelumnya sempat menyebut, pengumuman nama menteri bisa setelah pelantikan di hari yang sama. Atau bahkan, Jokowi melanjutkan, bisa pada hari Senin.

Sementara itu, jumlah kementerian yang ada saat ini yakni 34 kementerian, tetap dipertahankan. “Masih sama,” kata Jokowi.

Mengenai nasib Partai Demokrat dan Partai Gerindra, apakah akan masuk dalam jajaran kabinet saat ini, Jokowi juga belum bisa memastikan. Walau sudah ada komunikasi politik yang dibangun bersama ketua umum partai itu.

“Nanti kalau sudah diumumkan. Saya kira nanti kita semua akan tahu, mana yang masuk, mana yang tidak masuk, mana yang belum masuk,” kata Jokowi.

Meskipun Demokrat dan Gerindra pada pemilu presiden 2019 lalu adalah lawan politik Jokowi, namun dalam pertemuan dengan Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto, tetap membahas kemungkinan bergabungnya partai itu di kabinet.

Pertemuan Jokowi dengan SBY dilakukan pada 10 Oktober 2019. Sementara dengan Prabowo sehari setelahnya, yakni 11 Oktober. Pertemuan dengan keduanya itu berlangsung di Ruang Jepara Istana Merdeka Jakarta.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>