Kebakaran Hutan Gunung Anjasmoro Meluas Sampai 65 Hektare


Ilustrasi, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Kebakaran hutan kembali terjadi di Gunung Anjasmoro wilayah Jombang. Sampai saat ini, luas hutan yang terbakar mencapai 65 hektare.

Supervisor Pusdalops BPBD kabupaten Jombang Stevie Maria mengatakan kebakaran kembali terjadi sejak Minggu (20/10) malam. Menurut dia, titik hutan yang terbakar berbeda dengan kebakaran beberapa hari yang lalu.

Salah satunya masih di kawasan Cemoro Sewu, Gunung Anjasmoro, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam. Vegetasi hutan yang terbakar berupa savana, serta tanaman penangkap air seperti bambu dan pohon waru.

“Laporan dari kawan-kawan Tahura R Soerjo, hutan yang terbakar sudah masuk 60 hektare,” kata Stevie kepada wartawan, Senin (21/10/2019).

Sampai saat ini, lanjut Stevie, kebakaran hutan di Gunung Anjasmoro belum bisa dipadamkan. Pemadaman api terkendala medan yang sulit, seperti jurang dan bukit.

“Tidak bisa kalau tidak pakai water bombing. Kami sedang berkoordinasi dengan BPBD Jatim,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kebakaran hutan di Gunung Anjasmoro juga menjalar ke wilayah Perhutani. Humas KPH Perhutani Jombang Priyono menuturkan, sampai saat ini luas hutan yang terbakar sekitar 5 hektare. Hutan yang terbakar berupa jati, mahoni dan tanaman rimba lainnya.

“Kebakaran berasal dari kawasan Tahura R Soerjo. Kami bekerjasama dengan BPBD Jombang sudah menerjunkan personil ke lokasi,” tandasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>