Selama Operasi Zebra 2019, Kapolda Metro Jaya Minta Anggotanya Tak Arogan


Ilustasi, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Operasi Zebra Jaya 2019 akan digelar oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya selama 14 hari dimulai sejak hari ini. Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono meminta anggotanya agar tidak arogan dan lebih mengedepankan langkah simpatik saat melakukan operasi itu.

“Saya ingatkan di dalam penegakan hukum ini, tetap mengedepankan langkah-langkah yang simpatik. Jangan kedepankan arogansi dan kewenangan,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono saat apel Operasi Zebra di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/10).

Selain itu, Gatot juga mengimbau anggotanya agar lebih simpatik dan humanis kepada para pengendara. Langkah-langkah preventif, kata dia, juga harus dikedepankan anggota polisi saat melakukan penindakan di Operasi Zebra 2019.

“Tunjukkan saudara-saudara sekalian baik itu Polri-TNI maupun stakeholder terkait lainnya bahwa penegakan hukum itu bukan untuk menakut-nakuti masyarakat tapi bagian dari proses menegakkan hukum agar mau menertibkan diri masing-masing. Pesan ini yamg harus kita sampaikan,” kata Gatot.

“Saya sampaikan kalau kita mengedepankan langkah-langkah penegakan hukum, lakukan secara beriringan dengan langkah-langkah preentif dan preventif dalam lakukan penegakan hukum, ketika lakukan pemeriksaan, SOP-SOP yang ada dipatuhi,” sambungnya.

Gatot menyebut para anggota harus melihat pelanggaran-pelanggaran di pengendara. SIM, spion, lampu sein dan lain sebagainya, kata dia, harus diperhatikan dengan jeli oleh anggota saat melakukan operasi.

“Terhadap kendaraan roda 2 dan kendaraan roda 4 yang tidak memiliki kelengkapan seperti spion dan lampu rating (sein) karena itu menunjukan kendaraan lalu lintas. Kalau nggak ada lampu ratingnya mau belok kanan nanti kecelakaan lalin. Hal-hal ini perlu diperhatikan oleh kita semua,” jelas Gatot.

Lebih lanjut, Gatot berharap agar Operasi Zebra 2019 ini diikuti oleh instansi terkait. TNI-Polri dan instansi terkait disebut Gatot harus terus bersama-sama saat menggelar razia.

“Saya perintahkan Dirlantas untuk melaksanakan secara gabungan, semua unsur TNI setiap operasi juga harus ada, AL, AD, AU dan Dishub. Ketika melakukan penenggakan hukum sesuai dengan fungsinya, sesuai kewenangannya,” kata Gatot.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya menggelar operasi lalu lintas bersandikan ‘Operasi Zebra Jaya 2019’. Operasi tersebut digelar selama 14 hari mulai dari hari ini.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>