Taman Safari Indonesia Klarifikasi Penipuan Tiket E-voucher


IT Manager TSI Group Yanuar Arifin menunjukan bukti penipuan akun mengatas namakan Taman Safari Indonesia (TSI) saat keterangan pers di Jakarta, Selasa (5/11/2019). Manajemen TSI Group mengklarifikasi serta mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penipuan penjualan tiket online yang mengatasnamakan TSI. Belakangan ini, marak beredar iklan di media sosial dan internet terkait pemberian promo diskon yang membuat korban tergiur. AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Penipuan online mengatasnamakan Taman Safari Indonesia (TSI) marak terjadi akhir-akhir ini. Pelaku menawarkan e-voucher Taman Safari Bogor dengan promo diskon menggiurkan melalui media sosial. Korban penipuan ini telah mencapai ratusan orang.

Para korban tersebut awalnya tergiur dengan promo yang tampil di iklan media sosial (Instagram dan Facebook), ungkap Head of Digital Marketing TSI Group, Daniel Thian dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (5/11).

Korban diarahkan ke web palsu seperti www.temansafari.com, dan www.tamansafari-bogor.com. Tampilan webnya pun dibuat mirip dengan web asli TSI,”. Setelah melakukan pemesanan di web tersebut, korban lalu diarahkan untuk mentransfer sejumlah uang sesuai dengan pemesanan tiket. Nomor rekeningnya pun bukanlah rekening asli milik Taman Safari Bogor.

Daniel mengatakan, pihaknya memang telah meluncurkan pemesan online tiket sejumlah tempat wisata dan hotel di bawah naungan TSI Group pada September lalu. Antara lain Taman Safari Bogor, Taman Safari Prigen, Bali Safari Marine Park, Batang Dolphins Center, Royal Safari Garden, Mara River Safari Lodge, Baobab Safari Resort, dan Safari lodge. Momen inilah yang dimanfaatkan oleh pelaku untuk menipu masyarakat.

“Pelaku memanfaatkan momen bersamaan dengan mulai dijalankannya program pemesanan tiket online di unit-unit TSI Group, sehingga korban sulit membedakan mana yang resmi dan palsu. Apalagi pelaku juga beriklan di media sosial dengan iming-iming diskon hingga 50%,” katanya.

Abi Febrian, Marketing Communication Manager Taman Safari Bogor juga mengingatkan kepada masyarakat luas bahwa segala bentuk promosi apapun yang beredar di internet atau media sosial dan bukan bersumber dari akun-akun resmi TSI Group, maka itu bisa dipastikan termasuk penipuan.

Web resmi TSI Group: www.tamansafaricom, akun Instagram: Taman Safari Indonesia Group @tamansafarnd, Taman Safari Bogor @taman_safari, Taman Safari Prigen @tamansafariprigen, Bali Safari & Marine Park @bahsafari, Batang Dolphins Center @batangdolphinscenter, Jakarta Aquarium @jakartaaquarium.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>