Sesi Pembukaan Rupiah Menguat ke Posisi Rp 13.990 per USD


Ilustrasi, (Foto : Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Nilai tukar (kurs) Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) dibuka menguat pada perdagangan hari ini, Rabu (6/11). Mengutip Bloomberg, Rupiah dibuka di level Rp13.990 per USD, atau menguat dibanding pembukaan hari sebelumnya pada level 14.025 per USD.

Rupiah juga menguat dibanding penutupan hari sebelumnya pada level 13.969. Usai pembukaan, Rupiah bergerak fluktuatif. Hingga siang ini Rupiah berada pada angka 13.994.

Sedangkan, berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), Rupiah dipatok di angka 13.992 per USD. Menguat jika dibandingkan dengan patokan pada tanggal (4/11) yang ada di angka 14.031 per USD.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebutkan nilai tukar Rupiah tetap stabil meski tengah terjadi gejolak global akibat penurunan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) oleh The Fed. Hal ini menunjukkan bahwa Rupiah masih tahan banting di pasar.

“Bergerak relatif stabil, mekanisme pasar berkembang secara baik mengenai supply dan demand,” kata dia.

Oleh karena itu, Perry berterima kasih kepada dunia perbankan dan dunia usaha yang telah menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah. “Jadi tidak ada pengaruh pengaruh yang signifikan mengenai apa yang terjadi di global termasuk juga penurunan suku bunga The Fed,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>