Biasakan Berdoa Sebelum Tidur dan Amalan-amalannya


Sering kali seseorang tanpa sadar tertidur tanpa membaca doa

AKTUALITAS.ID – Agar Allah selalu menjaga kita di saat tidur, kita wajib membaca doa sebelum tidur. Selain itu, beberapa amalan yang dilakukan Rasulullah sebelum tidur patut kamu contoh.

Kini banyak orang yang memegang gadgetnya sebelum tidur. Sering kali seseorang tanpa sadar tertidur tanpa membaca doa ataupun melakukan amalan-amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW sebelum tidur.

Namun, sebagai muslim ada baiknya kita membiasakan diri untuk berdoa sebelum tidur dan mengamalkan amalan yang diwariskan Rasulullah SAW jelang tidur.

Adapun doa sebelum tidur yang benar dan sesuai sunnah yang dikutip dari islam.nu.or. id adalah dengan membaca surat Al-Fatihah, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing satu kali sebagaimana yang dilakukan Rasulullah SAW.

Setelah itu dilanjutkan dengan membaca doa sebelum tidur dan artinya:
بِسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ وَبِكَ أَرْفَعُهُ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Latin:

Bismika rabbî wadla’tu janbî wa bika arfa’uhu. In amsakta nafsî farhamhâ. Wa in arsaltahâ fahfazhhâ bimâ tahfazhu bihî ‘ibâdakas shâlihin.

Artinya: “Dengan nama-Mu hai Tuhanku, aku berbaring. Dengan nama-Mu juga aku terbangun. Jika Kau tahan nyawaku, berilah rahmat untuknya. Jika Kau lepaskan nyawaku, peliharalah sebagaimana Kau memelihara para hamba-Mu yang saleh,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Sama-sama bisa dibaca sebelum tidur. Kamu juga bisa membaca doa ini yang dikutip dalam buku berjudul “Penuntun Doa, Yuk!: Beserta Tata Caranya” oleh Abu Ihsan:
بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

Latin: Bismika Allahumma ahya wa amut
Artinya: Dengan nama-Mu, ya Allah, aku hidup dan aku mati.” (HR. Al-Bukhari)

Setelah membaca doa sebelum tidur, dianjurkan membaca Ayat Kursi, Âmanar rasûlu hingga akhir surat, dan istighfar tiga kali. Semua ini diamalkan Rasulullah SAW sebelum tidur.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>