Libur Nataru, 21 – 22 Desember 2019 Puncak Kepadatan di Pelabuhan Merak


Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi, Istiono, memprediksi puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru 2019 di Pelabuhan Merak yang akan menyeberang ke Sumatera akan terjadi pada 21 hingga 22 Desember 2019.

Sementara arus balik diprediksi akan jatuh pada 2 hingga 5 Januari 2019. Hal tersebut diungkapkan olehnya saat meninjau kesiapan personel Polri menjelang arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Pelabuhan Merak, Banten.

“Kami perkirakan arus mudik pada tanggal 21 sampai 22 Desember. Sementara untuk arus baliknya akan jatuh pada sekitar tanggal 2 sampai 5 Januari 2019,” ucap Istiono dalam keterangan tertulisnya, Senin, (16/12).

Sementara itu, Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Wibowo mengatakan, puncak arus mudik pada tanggal tersebut terjadi karena cuti bersama pada 24 hingga 25 Desember.

“Kemudian adanya libur panjang yang menjadi cuti bersama 24 dan 25 Desember. Sementara 23 Desember hari kejepit sehingga pada tanggal 23 akan digunakan masyarakat untuk kegiatan wisata dan natal. Sehingga akan terjadi peningkatan penyeberangan,” kata Wibowo.

Lebih lanjut, ia mengatakan pihaknya menerapkan skema pengamanan yang sama dengan arus mudik Idul Fitri 2019 lalu.

“Cara bertindak yang kami laksanakan pada Nataru sama dengan yang kami lakukan pada operasi ketupat 2019 kemarin,” ucap Wibowo.

Seperti diketahui, wilayah Polda Banten memiliki ruas jalan tol sepanjang 72 KM dari Cikupa hingga Merak. Serta jalan arteri sepanjang 84 Km dari Cikupa hingga Merak.

Polda Banten melakukan pembagian lima zona pengamanan untuk arus mudik Natal dan Tahun Baru 2019.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>