Korban Penipuan 1.700 Orang, Akumobil Diminta Kembalikan Uang Rp 70 Miliar


Logo akumobil

AKTUALITAS.ID – Korban penipuan PT. Aku Digital (akumobil) dengan modus jual beli mobil murah mencapai 1.700 orang. Pihak perusahaan diminta mengembalikan uang konsumen total sekitar Rp 70 miliar.

Pengacara Akumobil, Mariyani Wiwik mengatakan, kinerja bisnis dari perusahaan cukup baik karena bisa menghasilkan keuntungan Rp 128 miliar. Namun, semuanya berakhir setelah ada laporan dari konsumen mengenai dugaan penipuan.

Dia menyatakan, sebagian uang dari nasabah sudah dikembalikan. Pihaknya sedang mencari solusi mengenai permasalahan tersebut.

“Yang harus diberikan kepada konsumen itu ya sekitar Rp 70 miliar,” kata Mariyani di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (18/12).

Menurut dia, perlu waktu mengenai teknis pengembalian sisa uang konsumen. Sebab, masalah ini sempat didiskusikan dengan korban melalui mediasi Polrestabes Bandung, namun belum menemukan titik temu.

Kalaupun harus dikembalikan secara utuh, dia meminta semua konsumen memahami bahwa ada mekanisme yang harus ditempuh. Terlebih, nominalnya pun sangat besar.

“Kalau nanti memang harus dikembalikan semuanya kepada konsumen ya kita pun harus ada tahapannya progres,” ucapnya.

Seperti diketahui, polisi sudah menetapkan enam tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah petinggi perusahaan. Di antaranya, Direktur Utama Akumobil, Bryan John Satya. Semua tersangka dijerat pasal 378 dan atau Pasal 372 tentang penipuan dan penggelapan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>