Menhub: Ibu Kota Baru Bakal Punya Kendaraan Listrik dan Bus Tanpa Sopir


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, (Foto : Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Provinsi Kalimantan Timur diputuskan sebagai calon ibu kota negara baru. Kemenhub berupaya menata lebih 300 terminal khusus (Tersus) yang ada di Kaltim. Seperti, memasukkannya ke dalam Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

“Tersus itu banyak di Kaltim. Tersus bagus untuk kegiatan ekonomi, tapi bisa juga disalahgunakan,” kata Menhub Budi Karya Sumadi ditemui wartawan saat berada di Samarinda, Rabu (18/12).

Menhub Budi menerangkan, pemerintah berupaya melakukan konsolidasi. Di mana, di Kaltim, ada 301 Tersus yang akan dikonsolidasikan menjadi Badan Usaha Pelabuhan. “Di mana tanahnya, diberikan kepada pemerintah. Nanti kita berikan konsesi 30 tahun,” ujar Budi Karya.

“Jadi kalau mereka itu, Tersus, tiap 5 tahun harus izin dan tidak boleh dipakai siapa-siapa. Tapi dengan Badan Usaha Pelabuhan, bisa digunakan oleh siapapun,” tambah Budi.

Dengan demikian, lanjut Budi Karya, nantinya di kawasan IKN bakal lebih cantik, dan terhubung baik jalur darat, udara dan perairan. “Satu pesan Presiden, bahwa tidak ada penggunaan bahan bakar fosil lagi. Jadi tidak ada lagi namanya bus pakai bensin, pakai solar, motor, di ibu kota baru,” terang Budi.

“Apa yang kita upayakan, kita akan upayakan, kendaraan-kendaraan listrik. Dari Balikpapan ke IKN, nanti ada jalan tol. Saya minta 15 meter untuk kereta listrik, bahkan kereta listrik itu autonomous, tanpa pengemudi,” ungkap Budi.

Di dalam kotanya, nantinya juga memiliki bus tanpa pengemudi. Dan di situ disediakan sepeda motor listrik, yang tidak mengonsumsi bahan bakar. “Jadi Presiden kemarin dari Musrenbang, pindahnya ibu kota dari Jakarta ke Kaltim bukan pindah. Tapi merupakan pemindahan peradaban,” tegas Budi.

“Di sini suatu yang baru, ada rumah sakit internasional, sekolah internasional. Sehingga ekspatriat itu betah tinggal di sini. Saya sebagai pembantu presiden, optimistis untuk melaksanakan. Bahkan sesedikit mungkin menggunakan dana APBN,” demikian Budi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>