Kasus Jiwasraya, Demokrat Sebut Jokowi Cari Aman Sebut Nama SBY


ferdinan,demokrat,
Ferdinand Hutahaean.AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Partai Demokrat menyayangkan pernyataan Presiden Jokowi yang mengatakan, BUMN asuransi Jiwasraya sudah bermasalah dalam keuangan sejak 10 tahun silam, sehingga kekinian tak mampu membayar klaim polis klien-kliennya.

Politikus Demokrat Ferdinand Hutahaean menuding Presiden Joko Widodo sengaja membawa-bawa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dalam kasus gagal bayar polis Jiwasraya. Ferdinand menyebut Jokowi membawa pemerintahan SBY agar merasa aman dan nyaman.

“Bahkan kadang-kadang kami berfikir mungkin pak Jokowi menyampaikan ini karena beliau merasa bahwa ketika membawa-bawa nama pak SBY, beliau merasa jadi aman dan nyaman dari semua masalah yang ada,” ujar Ferdinand di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12).

Dia bilang Jokowi tengah menyandarkan masalahnya kepada pemerintahan SBY, dengan cara lempar tanggung jawab. Ferdinand menyebut, jejak keuangan Jiwasraya 2005-2011 baik dan tidak rugi. Sementara penurunan laba Jiwasraya baru terjadi sekitar tahun 2017-2018.

Karenanya, dia menilai Jokowi tidak patut menyampaikan bahwa tunggakan polis Jiwasraya terjadi sejak zaman SBY. Menurutnya, faktanya berbeda dengan yang diucapkan Jokowi.

“Jadi kita sampaikan tak seharusnya disampaikan, kalaupun mestinya ada masalah, seorang pemimpin tak seharusnya melempar permasalahan ke pemerintahan masa lalu,” kata Ferdinand.

Ferdinand melanjutkan, Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono telah berpesan supaya pernyataan Presiden Jokowi tidak perlu ditanggapi serius. Demokrat justru diminta untuk memberi masukan kepada Jokowi. Bahkan, SBY menyampaikan pesan tersebut sambil tertawa.

“Memang beliau (SBY), kemarin ya seperti tadi jadi tertawa ya karena beliau dibawa-bawa namanya padahal akhirnya seperti tadi, pak Jokowi sudah merasa nyaman kali kalau sudah menyebut nama pak SBY,” ucapnya.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan bahwa persoalan kasus tunggakan polis pembayaran kepada nasabah yang membelit PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bukanlah masalah ringan. Meski begitu, pemerintah tetap berkomitmen untuk menyelesaikan masalah ini.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>