Prabowo akan Bangun Pangkalan Militer di Natuna


Prabowo Subianto. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, pemerintah akan membangun pangkalan militer di sejumlah wilayah Indonesia, salah satunya akan dibangun di Natuna, Kepulauan Riau.

“Wah tidak hanya di Natuna kita mau bikin pangkalan. Di Indonesia timur di beberapa tempat,” kata Prabowo di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Namun, Prabowo masih belum menyebutkan didaerah mana saja pangkalan militer akan dibangun.

“Ya saya bilang kita akan bangun pangkalan tidak hanya di Natuna. Di beberapa tempat strategis seluruh Indonesia,” ujarnya.

Seperti diketahui, Natuna beberapa waktu terakhir menjadi sorotan terkait adanya dugaan pelanggaran batas teritorial oleh kapal pemerintah China. China sendiri mengklaim bahwa mereka tidak melanggar batas zona ekonomi eksklusif (ZEE). Mereka masih berada diwilayah China yang mereka sebut dengan nine dashed line.

Nine dash line merupakan wilayah perairan yang diklaim China mulai dari Provinsi Hainan hingga Laut Natuna. Namun nine dash line ini tidak pernah diratifikasi dunia internasional.

Indonesia telah melayangkan protes ke China terkait pelanggaran batas tersebut. Pengamanan dilaut Natuna pun ditingkatkan pasca insiden tersebut.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>