DPR: China Incar Sumber Lain di Natuna


Gedung DPR RI. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta, mengatakan pihaknya khawatir kedatangan China ke Laut Natuna bukan hanya mencari ikan tapi juga mengincar sumber daya lain yang ada di bawah laut.

“Yang kita khawatirkan bahwa juga China ini hanya sekedar membuat cover bahwa itu nelayan, tapi boleh jadi kepentingan China ini selain ikan juga sumber daya yang ada di lautnya sendiri yang ada di bawah lautnya,” ujar Sukamta dalam Diskusi Publik – Kedaulatan RI atas Natuna di Jakarta, Senin (13/1/2020).

Sehingga menurutnya, Indonesia perlu memastikan bahwa China tidak melakukan aktivitas ilegal yang juga bukan hanya melanggar wilayah Indonesia, namun dapat membahayakan kedaulatan Indonesia secara umum.

Sukamta pun berharap agar pemerintah kompak dan tegas dalam menangani permasalahan di Natuna.

“Kami berharap pemerintah kompak. Ketegasan dalam diplomasi sangat penting. Jangan sampai pejabat di garda terdepan tidak dapat dukungan seragam dari pengambil keputusan di pemerintahan,”

Diakui Sukamta, parlemen mendorong pemerintah untuk berjuang secara maksimal mengamankan kedaulatan bangsa. Menurutnya, konflik Natuna menjadi momentum bagi Indonesia menegakkan jargon NKRI Harga Mati.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>