Pilkada 2020, Panglima TNI Ingatkan Prajurit Jaga Netralitas


Pilkada Serentak

AKTUALITAS.ID – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, prajurit TNI siap mendukung Polri dalam rangka menjaga kondusifitas keamanan untuk menghadapi Pilkada serentak 2020. Seluruh prajurit TNI siap bersinergi dan menjaga soliditas demi keamanan NKRI.

Selain itu, Hadi mengimbau kepada seluruh Prajurit TNI agar selalu menjaga profesionalitas dalam bekerja. Prajurit TNI diminta tak ikut berpolitik praktis dan harus menjaga netralitas.

“Kita mengingat tadi, kepada jajaran unsur-unsur TNI di seluruh wilayah untuk tetap memegang netralitas TNI tidak berpolitik praktis,” kata Hadi di Mabes TNI Cilangkap, Selasa (28/1/2020).

Hadi juga menambahkan, prajurit TNI siap dikerahkan tak hanya pengamanan Pilkada saja, tetapi juga hal lainnya di luar dugaan. Salah satunya ketika ada bencana alam.

Pilkada gelombang IV akan digelar pada 23 September 2020. Pilkada serentak ini akan diikuti 270 daerah. Rinciannya, 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Terkait saat ini yang masuk musim hujan, potensi terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor cukup tinggi. Maka itu, TNI siap jika dikerahkan untuk menangani hal tersebut.

“Kita juga membaca adanya kemungkinan kemarau panjang yang berakibat gagal panen. Sehingga TNI-Polri siap untuk membantu masyarakat di wilayah-wilayah apabila prediksi atau ancaman tersebut benar-benar terjadi TNI-Polri,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>