Riset Terbaru: Pengguna Internet di Indonesia Mencapai 64%


Ilustrasi /Istimewa.

Riset terbaru dari layanan manajemen kontem HootSuite dan agensi pemasaran media sosial We Are Social dalam laporan bertajuk ‘Digital 2020’ mengungkap bahwa pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 175,4 juta.

Itu artinya, dari total 272,1 juta populasi di Indonesia, sebesar 64 persennya telah terkoneksi internet. Angka ini meningkat dari tahun lalu yang sebesar 17 persen, atau sekitar 25 juta.

Hampir seluruh pengguna internet di Indonesia menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet. Tercatat pengguna internet mobile di Indonesia mencapai 171 juta atau sebesar 98 persen dari total pengguna internet.

Untuk waktu pemakaian, rata-rata orang Indonesia menghabiskan 4 jam 46 menit per hari untuk berselancar di internet.

Sebagian besar menggunakan akses internet untuk bersosial media. Tercatat pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 160 juta dengan penetrasi 59 persen dari total populasi. Jumlah ini naik 8,1 persen atau sekitar 12 juta pengguna.

Adapun waktu yang dihabiskan rata-rata orang Indonesia untuk bermedia sosial adalah 3 jam 4 menit. Hampir semua pengguna internet di Indonesia atau 99 persennya, juga gemar menonton video online.

Sebesar 79 persen dari mereka menonton video vlog. Mereka juga senang mengakses hiburan audio melalui internet. Musik streaming misalnya, banyak dilakukan 84 persen pengguna internet Indonesia.

Sedangkan 58 persen mengakses radio secara online dan 43 persen kini gemar mendengarkan podcast.

Masih menurut laporan ‘Digital 2020’, rata-rata kecepatan internet di Indonesia mencapai 13,83 Mbps. Adapun kecepatan internet fixed di Tanah Air mencapai 20,11 Mbps.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>