Update Corona di Papua 13 April: 67 Positif, 83 PDP


Ilustrasi Rapid Test , Istimewa

AKTUALITAS.ID – Tiga warga di dua Kabupaten wilayah pegunungan Papua positif terpapar virus corona. Hal ini membuat jumlah kasus positif covid-19 di Papua mencapai 67 orang hingga hari ini.

“Sudah ada laporan tentang warga di Pegunungan Tengah Papua atau wilayah adat Lapago yang terpapar virus COVID-19,” ujar Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan covid-19 di Papua Silwanus Sumule, di Jayapura, Senin (13/4/2020) malam seperti dilansir dari Antara.

“Tercatat tiga orang yang berasal dari dua kabupaten, yakni Kabupaten Jayawijaya dua orang, dan seorang dari Kabupaten Mamberamo Tengah.”

Dari data yang dihimpun pihaknya, warga yang terpapar itu sebelumnya terkena pembatasan penumpang ke Wamena. Selain itu, pernah melakukan perjalanan ke luar Papua dan ke Jayapura.

Bahkan, diungkapkan Silwanus ada warga yang semula dinyatakan malaria namun dalam pemeriksaan melalui tes polymerase chain reaction (PCR) terungkap positif Covid-19.

“Masa inkubasi 14 hari tampaknya tidak berlaku karena yang terjadi mereka baru merasakannya lebih dari 14 hari, ” kata Sumule.

Ia menambahkan ketiga pasien yang positif covid-19 itu telah dirawat di rumah sakit yang ada di Wamena, termasuk seorang dokter. “Kondisi ketiganya sakit ringan hingga sedang,” katanya.

Silwanus mengatakan jumlah warga yang positif terpapar corona di Papua hingga kini tercatat sebanyak 67 orang dan sebanyak 83 masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP).

Jumlah kasus positif Corona ini bertambah enam kasus jika dibandingkan dengan Sabtu (11/4) lalu. Ketika itu, terdapat 61 orang yang positif terinfeksi virus covid-19.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>