Update Corona Sumbar 2 Mei: 182 Positif, 30 Sembuh, 15 Meninggal


Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

AKTUALITAS.ID – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat kembali mengkonfirmasi angka kasus tambahan positif Coronavirus Disease 2019 di Ranah Minang. Sabtu (2/5/2020), tercatat ada tambahan 10 kasus positif. Sehingga total warga Sumatera Barat, yang positif terinfeksi COVID-19 sampai hari ini sebanyak 182 orang. Dari total 182 orang tersebut, 72 orang diantaranya dirawat, 38 isolasi diri dirumah, 16 lagi isolasi di Bapelkes, 11 isolasi di BPSDM, 30 pasien sembuh dan 15 meninggal dunia.

Sementara, angka Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat sebanyak 433 orang. Berdasarkan hasil Swab tes, 361 diantaranya sudah negatif dan sehat. Sedangkan untuk Orang Dalam Pemantauan, dari total angka 8.269, hanya tersisa 387 orang dengan rincian 108 orang dikarantina di tempat yang disediakan Pemda dan 279 lainnya menjalankan isolasi mandiri. 7.882 orang sudah selesai proses pemantauan.

“Hari ini ada tambahan lagi 10 orang positif COVID-19. Sehingga total yang positif terinfeksi COVID-19 sebanyak 182 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat Jasman Rizal, Sabtu malam 2 Mei 2020.

Dijelaskan Jasman, untuk tambahan kasus positif COVID-19 hari ini, yang terbanyak berasal dari Kabupaten Dharmasraya. Ada sebanyak Tujuh warga Dharmasraya yang dinyatakan positif. Sementara, Tiga kasus lainnya berasal dari Kota Padang Satu Kasus, Kabupaten Kepulauan Mentawai Satu Kasus, dan Kota Padang Panjag Satu Kasus. Semua warga Dharmasraya yang positif terpapar, pernah mengikuti kegiatan di Gowa Sulawesi Selatan.

“Terjadi lonjakan yang cukup tinggi kasus warga positif terinfeksi COVID-19 di Kabupaten Dharmasraya, sebanyak Tujuh. Mereka terpapar saat mengikuti kegiatan di Gowa Sulawesi Selatan. Tujuh warga Dharmasraya itu berasal dari Koto Baru Tiga orang, Alahan Nan Tigo Dua orang dan Pulau Punjung Dua orang. Seluruhnya saat ini isolasi mandiri di rumahnya masing-masing,” ujar Jasman Rizal.

Menurut Jasman Rizal, kasus terakhir tambahan positif yang berasal dari Kota Padang Panjang, adalah, seorang tenaga kesehatan, wanita berumur 44 tahun. Ia terinfeksi dari pasien yang sebelumnya tidak menunjukkan gejala terinfeksi COVID-19. Yang bersangkutan saat ini dirawat intensif di RSUD Kota Padang Panjang.

“Sementara, untuk pasien positif COVID-19 yang isolasi mandiri di rumah yang bukan pasien dari salah satu Rumah Sakit rujukan terdapat Enam orang. Isolasi mandiri di rumah Satu orang, di BPSDM Satu orang dan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak Empat orang,”tutup Jasman.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>