Update Corona di Bali 3 Mei: 262 Positif, 151 Sembuh, 4 Meninggal


Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

AKTUALITAS.ID – Perkembangan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Bali masih menunjukkan grafik yang terus meningkat. Berdasarkan data hingga per Minggu, (3/5/2020) secara kumulatif jumlah pasien positif Corona sebanyak 262 orang.

“Bertambah 25 orang yang seluruhnya Warga Negara Indonesia (WNI) terdiri dari 3 orang PMI (Pekerja Migran Indonesia) dan 22 transmisi lokal,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra saat memberi keterangan resmi.

Di sisi lain, kabar gembira datang dari pasien positif Corona yang berhasil berjuang hingga sembuh. Dari laporan rumah sakit yang diterimanya ada 22 orang pasien yang sembuh.

Seluruh pasien yang sembuh itu merupakan WNI. Dengan rincian 14 orang PMI dan 8 orang non-PMI. “Secara kumulatif jumlah pasien yang telah sembuh sebanyak 151 orang,” untuk pasien meninggal jumlahnya tetap empat orang, ujarnya.

Pun, untuk kasus aktif atau pasien yang masih dalam perawatan sebanyak 107 orang yang berada di 9 rumah sakit dan di tempat karantina (Bapelkesmas).

Dari data itu, Dewa Made Indra menerangkan jika jumlah angka positif di Bali sebagian besar masih didominasi oleh imported case.

“Untuk transmisi lokal sejumlah 90 orang,” jelas dia.

Hal ini juga berarti masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan atau melakukan upaya-upaya pencegahan Covid-19 seperti pemakaian masker, mencuci tangan, physical distancing dan lainnya.

“Untuk itu, sekali lagi, dalam menekan kasus transmisi lokal maka masyarakat harus sadar dan disiplin dalam melakukan upaya pencegahan virus ini,” imbau dia.

Ia melanjutkan, untuk memutus rantai penyebaran Corona, maka semua pihak harus disiplin untuk menggunakan masker di tempat terbuka. Pentingnya penggunaan masker memiliki dua fungsi. Pertama, yakni bagi yang sakit (batuk dan flu) maka percikan atau droplex akan tertahan oleh masker dan tidak akan keluar mengenai orang lain.

Kedua, penggunaan masker bagi yang sehat maka akan terhindar, terutama pada wajah bagian hidung, mulut dan mata, dari percikan dari orang lain.

“Untuk menghindari penularan virus Corona, maka kita harus disiplin atau rajin untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun,” jelasnya.

Selain itu, ia mengimbau untuk hindari menyentuh bagian wajah terutama hidung, mulut dan mata setelah menyentuh benda tertentu dan sebelum mencuci tangan. Karena tiga indera dalam tubuh kita tersebut akan memudahkan bagi virus Corona untuk masuk ke tubuh.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>