Herman Deru Pimpin Rakor Penerapan New Normal Tiga Daerah di Sumsel


Gubernur Sumsel Herman Deru saat memimpin Rakor penerapan new normal tiga daerah, Foto: sumselprov.go.id

AKTUALITAS.ID – Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri M.M., memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pembahasan Protokol Kesehatan dalam rangka penerapan New Normal di Kota Palembang, Kota Prabumulih dan Kab. Empat Lawang di Mapolrestabes Palembang, Jumat (29/5/2020).

Dalam kesempatan itu, HD mengungkapkan penerapan new normal setelah PSBB bukanlah berarti untuk mengubah protokol kesehatan yang telah ada, melainkan yaitu pelaksanaan kehidupan normal seperti sebelum adanya covid-19 dan tetap produktif namun dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

“Seperti dalam pelaksanaan PSBB, daerah harus selalu siap dalam segala hal termasuk penanganan Covid-19 sehingga produktivitas bisa terus berjalan dan Covid-19 ini segera berakhir. Dan hal ini dapat diwujudkan dengan kerjasama yang baik antara semua pihak, termasuk Pemerintah dan juga masyarakat,” ujarnya.

HD juga mengajak 15 kabupaten/kota di Sumsel yang tidak melakukan PSBB dan tidak diterapkan new normal untuk tetap menjaga dan mengelola daerahnya untuk memutus penyebaran Covid-19.

Selain itu, HD juga mengapresiasi penerapan PSBB di dua Kota di Sumsel yakni Palembang dan Prabumulih. Berdasarkan tinjauannya secara langsung ke dua kota tersebut, HD menilai bahwa PSBB dikedua kota tersebut sudah dijalankan sesuai dengan artinya.

“PSBB yang dilakukan hanya melakukan pembatasan aktivitas. Sementara untuk warga yang masih melakukan aktivitasnya, harus dilakukan pemeriksaan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan jaga jarak,” ujarnya.

Menurutnya, meskipun masih ditemukannya sejumlah pelanggaran, namun penerapan PSBB mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait hidup sehat sekaligus mengajak masyarakat berpartisipasi melawan Covid-19.

Turut hadir Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Najib, SH., MHum., dan Para Kepala OPD Prov Sumsel.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>